Forum CSR Indonesia Bahas Peran Badan Usaha dalam Peningkatan Pembangunan Kesejahteraan Sosial

  • Bagikan
banner 728x90

JAKARTA ( siaptv.com ) – Forum CSR Indonesia (Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Badan Usaha (TJSLBU) Tahun 2022 bahas rencana program peran dunia usaha dalam peningkatan pembangunan kesejahteraan sosial bersama Kementerian Sosial.

Kegiatan yang bertempat di Hotel Swissbellin Kemayoran menghadirkan sejumlah pengurus Forum CSR, Praktisi dan badan usaha. Senin, 26 Desember 2022.

Ketua Umum Forum CSR Indonesia, Mahir Bayasut dalam sambutannya menyebutkan telah menjajaki sejumlah kerjasama dengan Perguruan tinggi, Kadin BUMN dan swasta.

“Alhamdulillah, hingga saat ini kami telah menjalin kerja sama dengan sejumlah stakeholder untuk melakukan intervensi terhadap berbagai permasalahan kesejahteraan sosial yang terjadi,” jelasnya.

Hal tersebut dilakukan karena pelaksanaan program CSR saat ini masih dilakukan secara sendiri-sendiri oleh perusahaan.

“Kontribusi badan usaha saat ini sangat luar biasa, tapi masih dilakukan secara sendiri-sendiri. Kedepan kami sebetulnya membutuhkan data rill dari pemerintah terkait penyandang masalah kesejahteraan sosial sehingga kami bisa berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memberi kontribusi terhadap layanan kesejahteraan sosial,” harapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa Forum CSR akan konsisten membantu pemerintah dalam menangani masalah kesejahteraan sosial di Indonesia.

“Jika data rill masalah kesejahteraan sosial telah kami dapatkan, maka fokus kami kedepan akan berperan dan menangani permasalahan Kesejahteraan sosial bersama sejumlah badan usaha dan perguruan tinggi yang belum dijangkau oleh pemerintah,” tambahnya.

Ia juga menyampaikan kontribusi dunia usaha mencapai ratusan miliar dalam pengembangan masyarakat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Ajang penghargaan program CSR (Padmamitra Award) bagi perusahaan yang kami lakukan di tahun 2022 ini, jika kami hitung itu mencapai ratusan miliar kontribusi dunia usaha dalam pengembangan masyarakat,” paparnya.

Terakhir, dalam pertemuan tersebut juga dibahas sejumlah rencana program yang akan dilakukan oleh Forum CSR di tahun 2023.

Diketahui, baru baru ini Forum CSR Indonesia juga terlibat dalam penanganan korban bencana gempa Cianjur. Forum CSR telah bekerja sama dengan Kadin untuk memberi bantuan modal usaha pasca gempa.

Sementara itu, Perwakilan Kementerian Sosial, Rinto Indriatmoko menyebutkan bahwa rencana program yang telah disusun bisa terealisasi di tahun 2023.

“Usulan dan rekomendasi yang disampaikan hari ini akan kami teruskan, semoga rencana kontribusi dan kolaborasi yang diagendakan bisa terealisasi,” ungkapnya.

Ia juga mengapresiasi upaya Forum CSR Indonesia dalam membantu peningkatan pembangunan Kesejahteraan Sosial. (mud)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *