Savana Tegal Panjang, Pesona Padang Savana yang Memukau di Bandung

  • Bagikan
banner 728x90

[ad_1]

Harga tiket: Rp 10.000 Jam kerja: 08.00-23.00 MUSIM DINGIN, Alamat: Neglavangi, Kek. Kertas, taksi. Bandung Jawa Barat; Map: Pemeriksaan lokasi

Savana Tegal Panjang merupakan objek wisata yang kini mulai populer. Bukan tanpa alasan tentunya karena memiliki banyak keindahan yang tidak terdapat di tempat wisata lainnya. Kali ini bukan tempat wisata, melainkan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah setempat.

Seperti namanya, tempat ini merupakan hamparan padang rumput yang sangat luas. Sejauh mata memandang, terdapat warna hijau yang menyejukkan mata. Berkunjung ke sini dijamin tidak akan membuat Anda bosan karena banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Selain itu udaranya juga sejuk, hampir tidak ada polusi dari asap pabrik dan kendaraan bermotor.

Perlu diketahui bahwa savana ini terletak di Bandung, lebih tepatnya di wilayah Kertasari. Pasti banyak yang tahu kalau Bandung adalah daerah yang banyak terdapat destinasi wisata. Udaranya yang sejuk membuat kawasan ini semakin populer di kalangan wisatawan dari seluruh nusantara.

Daya Tarik Tegal Panjang Sawan

Atraksi Kain Kafan Tegal Panjang
Kredit Gambar: Google Maps

Meski bukan tempat wisata resmi, faktanya Tegal Panjang Sawan memiliki banyak tempat wisata yang tidak boleh diremehkan. Atraksi ini adalah alasan mengapa banyak wisatawan datang ke sini. Mulai dari koleksi hewan di dalamnya, udara yang sejuk, hingga pemandangan alam yang menakjubkan.

1. Koleksi Satwa Savana di Tegal Panjang

Daya tarik pertama adalah banyaknya satwa liar yang hidup di hutan lindung ini. Sebagian besar merupakan burung yang dilindungi, seperti elang jawa dan harimau yang hampir punah. Selain itu, ada babi hutan yang suaranya hanya terdengar dari jauh. Pada waktu-waktu tertentu juga sering terlihat kambing kayu dengan tanduknya yang unik.

Beberapa satwa liar di Tegal Panjang Savana dilindungi sehingga pengunjung tidak diperbolehkan untuk membunuh atau memburu mereka. Karena ada beberapa hewan liar, disarankan untuk berhati-hati. Di tempat ini juga diperbolehkan untuk mendirikan tenda dan kemah, namun anda tetap harus menjaga keselamatan diri anda sendiri karena di sini banyak terdapat hewan liar.

2. Keindahan alam yang memukau

Tak bisa dipungkiri daya tarik utama tempat wisata Bandung ini adalah keindahan alamnya yang mempesona. Sabana terlihat sangat jelas disini yang artinya padang rumput yang luas. Bukan hanya rerumputan tentunya, melainkan alang-alang atau alang-alang yang mencapai pinggang orang dewasa.

Keindahan Savana Tegal Panjang bisa dilihat dari berbagai sudut. Misalnya, dari kejauhan tampak seperti lembah dengan ciri khas garis terasering. Hal ini disebabkan adanya perbedaan warna rerumputan yang terlihat akibat kemiringan dari sinar matahari. Selain hijau, di satu sisi Anda bisa melihat warna kekuningan yang sangat indah dan tak pernah bosan memanjakan mata.

Tidak sedikit turis yang menyamakan keindahannya dengan padang rumput Eropa. Mungkin Anda juga akan berpikiran sama setelah mengunjungi dan melihat semua yang ada di lokasi. Meski ada pendapat lain, setidaknya mereka tetap tidak bisa menghilangkan pesona cantiknya yang tidak biasa.

3. Suasana alami dan asri

Savana Tegal Panjang jauh dari perkotaan, bisa dikatakan tempat ini dekat dengan pedesaan. Ini membuatnya menjadi tempat yang indah dan alami. Hampir setiap titik lokasinya belum pernah tersentuh oleh tangan manusia jahil. Udaranya sejuk, dingin, dan suasananya sangat asri.

Menariknya, sungai kecil mengalir di tengah padang rumput ini. Sungai membuat suasana semakin asri, cocok digunakan sebagai penyembuhan lingkungan. Dari jarak dekat, suara merdu aliran sungai yang terhalang batu-batu kecil terdengar cukup jelas. Selain matanya yang tercemar pesona, pikirannya lebih jernih dan tidak terlalu stres.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Savana Tegal Panjang
Kredit Gambar: Google Maps Abdul Latif

Jika Anda tertarik mengunjungi Sawana Tegal Panjang, silakan menuju ke Desa Neglavangi, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Di sinilah tempat wisata hits ini berada. Untuk menuju ke sana, Anda bisa menggunakan kendaraan jenis apapun, namun tetap disarankan menggunakan mobil pribadi.

Namun yang jelas, setibanya di pedesaan, pendakian harus dilanjutkan dengan berjalan kaki. Tidak ada pintu masuk ke lokasi wisata, hanya ada jalan setapak. Cukup jauh, setidaknya butuh waktu 6 jam untuk sampai ke tempat itu. Perjalanan semakin sulit, karena garis-garis khas pegunungan yang menjulang tinggi selalu menemani perjalanan Anda.

Sebelumnya anda harus ke desa Neglavangi terlebih dahulu untuk mengunjungi Savana Tegal Panjang. Desa ini berjarak sekitar 65 kilometer dari pusat kota Bandung yang dapat ditempuh dalam waktu 3 jam dengan sepeda motor atau mobil. Rute yang paling direkomendasikan adalah menuju ke Chiparai kemudian ikuti jalan menuju kolam Tirta Rai.

Lanjut ke Jalan Raya Pachet, lalu ke Jalan Raya Sibeureum. Setelah itu anda tinggal mengendarai mobil anda menuju tugu desa Tarumajaya. Perjalanan dilanjutkan menuju kantor desa Neglavangi, dimana anda harus memarkir mobil anda dan melanjutkan perjalanan menuju tempat tujuan wisata.

Meski sangat jauh, jalan kaki ke Tegal Panjang Sawan sangat menyenangkan. Hal ini karena selama perjalanan selalu dibarengi dengan keindahan alam. Misalnya, perkebunan teh yang Anda jumpai saat memulai pendakian. Setelah itu, menuju ke hutan yang lebih lebat, Anda bisa merasakan pemandangan alam yang hijau dan suasana yang tenang.

Penting untuk dicatat bahwa Anda tidak perlu membayar apa pun saat berada di sini. Pasalnya, objek wisata tidak resmi ini gratis dan tidak memerlukan apapun. Anda hanya perlu merawat SIMMAXI sebagai syarat utama pendakian. Selain itu, ada juga biaya parkir yang biasanya bersifat sukarela.

Aktivitas menarik di Savana Tegal Panjang

Event Savana Tegal Panjang
Kredit Gambar: Google Maps Ari Gaang

Karena sulitnya pendakian yang harus dilakukan, tidak semua wisatawan bisa mengunjungi Savana Tegal Panjang. Sebagian besar pengunjung berasal dari pelajar dan pecinta alam. Tujuan dan kegiatannya bermacam-macam, ada yang ingin melakukan penelitian atau sekedar ingin menikmati keindahan alam yang mempesona.

1. Pelacakan lokasi

Aktivitas pertama yang tidak boleh dilewatkan karena sangat menarik adalah pelacakan lokasi. Kegiatan ini dinilai sangat menarik, karena selama perjalanan selalu ditemani oleh keindahan alam. Hamparan sawah dan perkebunan penduduk yang sangat luas sangat jelas terlihat, begitu indah dan menyejukkan mata.

2. Nikmati pemandangan alam

Selanjutnya, nikmati pemandangan alam, termasuk aktivitas yang tidak boleh dilewatkan. Bahkan bisa dikatakan tujuan utama wisatawan yang datang ke Savana Tegal Panjang adalah untuk menikmati pesonanya. Pemandangan alam yang hijau dan asri semakin dilengkapi dengan sungai kecil yang mengalir di tengah padang rumput.

3. Camping atau berkemah

Berkemah atau berkemah adalah suatu keharusan ketika mengunjungi tempat wisata eksotis di Bandung ini. Alasannya adalah Anda tidak mungkin melakukan perjalanan naik turun hanya dalam satu hari. Belum lengkap rasanya jika belum menyaksikan pesona matahari terbit yang begitu indah.

4. Berburu foto

Tidak ada tempat khusus untuk fotografi di tempat wisata ini. Namun, karena keindahannya dapat dilihat ke segala arah, berarti hampir semua titik di lokasi tersebut cocok dijadikan objek fotografi. Anda hanya perlu menemukan latar belakang yang tepat apakah Anda ingin membidik padang rumput, bukit, atau sungai.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Savana Tegal Panjang
Kredit Gambar: Facebook Hendra Messa

Karena Savana Tegal Panjang bukan objek wisata resmi, tidak banyak fasilitas yang bisa ditemukan di sini. Tidak ada fasilitas di lokasi utama yang bisa digunakan. Beberapa objek hanya ditemukan di desa tempat Anda memulai pendakian. Tidak seberapa juga, hanya tempat parkir dan kios sederhana.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai tempat wisata di bandung yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Meski minim fasilitas bukan berarti tempat ini tidak layak untuk dikunjungi. Seperti halnya mengunjungi gunung dan bukit lainnya, kunjungan ke Savana Tegal Panjang diharapkan membawa perbekalan yang cukup.

[ad_2]

gca-ER-

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *