Villa Bambapuang, Villa Unik dengan Panorama Alam Eksotis di Enrekang

  • Bagikan
banner 728x90

[ad_1]

Villa Bambapuang memiliki berbagai keistimewaan yang membuat villa ini sangat menarik bagi wisatawan. Ada pemandangan alam yang eksotis.

Harga tiket: Dari 25.000 rupiah Jam kerja: 24 jam, Alamat: Bamba Puang, Kek. Angeraja, kantor. Enrekang, Sulawesi Selatan; Map: Pemeriksaan lokasi

Kabupaten Enrekang di Sulawesi Selatan saat ini sedang naik daun berkat banyaknya tempat wisata yang ditawarkan daerah tersebut. Panorama alam yang masih asri menjadi kebanggaan sekaligus potensi yang ditawarkan Enrekang kepada wisatawan. Salah satu tempat wisata yang terkenal adalah Villa Bambapuang.

Di masa pandemi Covid-19 dan pengetatan pembatasan pergerakan massal penduduk di tahun 2019, tempat wisata ini benar-benar ambruk. Bahkan beberapa objek situs tidak diurus sama sekali. Namun saat ini destinasi wisata villa di Enrekang bisa dibilang jauh lebih baik.

Pihak pengelola telah menambahkan fasilitas pada vila agar pengunjung dapat merasa lebih nyaman. Terletak di lokasi yang sangat strategis dan dikelilingi oleh pemandangan alam pegunungan yang eksotis di sekitarnya, banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi vila ini.

Atraksi yang dimiliki oleh Villa Bambapuang

Daya Tarik Villa Bambapuang Enrekang
Kredit Gambar: Google Maps Isman Hadi

Villa Bambapuang memiliki berbagai keistimewaan yang membuat villa ini sangat menarik bagi wisatawan. Berikut beberapa keistimewaan yang menjadi daya tarik dari vila milik pemerintah Kabupaten Enrekang ini.

1. Dikelilingi pemandangan alam yang eksotis

Bicara soal daya tarik, villa yang terletak di Bambapuange ini memang spesial dari segi lokasinya, dikelilingi pemandangan alam yang eksotik dan masih asri. Vila ini dikelilingi oleh pegunungan Buttu Kabobong dan Gunung Nona.

Keindahan alam berupa deretan pegunungan pun sudah bisa dilihat pengunjung sejak memasuki tempat parkir. Selain deretan pegunungan yang indah, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan hamparan perkebunan dan ladang hijau.

2. Hidup nyaman

Daya tarik utama Villa Bambapuang tentunya adalah kamarnya yang nyaman dengan fasilitas yang sesuai. Orang-orang di sekitar vila mengenal tempat ini sebagai rumah liburan karena terdapat 12 kamar untuk bersantai saat berwisata.

Bangunan ini memiliki 3 lantai, di mana terdapat 4 cottage eksklusif. Beberapa kamar dilengkapi dengan pendingin ruangan atau AC. Sedangkan kamar lainnya tidak dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC) atau kipas angin.

Hal ini disebabkan karena suasana di daerah pegunungan sudah dingin baik pada siang maupun malam hari. Setiap kamar memiliki teras atau balkon untuk bersantai.

Interior kamar berperabotan lengkap. Sedangkan kamar mandi sudah digunakan dengan shower with sink.

3. Tempat pertemuan atau seminar

Aktivitas lain yang bisa dilakukan pengunjung Villa Bambapuang adalah mengadakan seminar atau pertemuan di aula outdoor.

Villa ini dilengkapi area outdoor yang sangat luas, sehingga sangat cocok untuk kumpul keluarga, rapat kerja, retret, seminar atau acara besar lainnya.

Biaya sewa aula terbuka juga tidak terlalu mahal. Dikombinasikan dengan lokasi vila yang dekat dengan tempat wisata, banyak pihak memilih untuk menyelenggarakan acara mereka di sini.

4. Tempat beli oleh-oleh khas Enrekang

Daya tarik villa yang terletak di kawasan Bambapuang ini adalah tempat yang tepat untuk membeli berbagai oleh-oleh khas Enrekang. Pengunjung bisa membeli aneka jajanan yang disediakan di vila atau membelinya dari cukup banyak warung yang ada di sekitar vila.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bambapuang Enrekang Villa
Kredit gambar: Google Maps Nursalim Baso

Villa Bambapuang terletak di Desa Bambapuang, Kecamatan Angueraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Villa ini dibangun di area yang berdekatan dengan beberapa tempat wisata di Enrekang seperti Taman Medatta.

Rute menuju lokasi villa cukup mudah mengingat posisi villa ini yang berada di pinggir jalan poros provinsi atau via Enrekang Makale. Dari ibu kota provinsi Sulawesi Selatan, Makassar, vila ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 5-6 jam.

Jika wisatawan berencana berkunjung ke Taman Mendatta dan berniat bermalam di sekitar lokasi wisata, maka wisatawan bisa memilih vila khusus ini sebagai pilihan. Hal ini mengingat waktu tempuh dari vila ke lokasi wisata Mendatte Park hanya sekitar 10 menit dengan mobil.

Biaya hidup di Villa Bambapuang

Tidak ada harga tiket masuk yang ditetapkan bagi pengunjung Bambapuang Villa. Sehingga setiap pengunjung yang datang hanya untuk selfie di area sekitar villa tidak dimintai sepeser pun.

Namun, jika pengunjung ingin menginap, biaya kamar villa per malam mulai dari Rp 250.000. Sedangkan biaya cottage sekitar Rp 400.000. Jika ingin menyewa hall di dalam villa, harga sewanya berkisar Rp 700.000 per hari.

Aktivitas Menarik di Villa Bambapuang

Kegiatan Bambapuang Enrekang Villa
Kredit Gambar: Google Maps Ariel N.

Villa mungkin lebih dikenal sebagai tempat yang menyediakan penginapan berupa perumahan bagi para pengunjungnya. Namun, Villa Bambapuang menawarkan berbagai macam aktivitas untuk dinikmati pengunjung selain sebagai tempat menginap.

1. Berburu foto

Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan oleh pengunjung Villa Bambapuang adalah berburu spot foto di sekitar vila. Banyak spot foto dengan latar belakang gugusan pegunungan Buttu Kabobong dan Nona yang dikelilingi tanaman hijau di sekitar vila.

Ditambah lagi, hamparan perkebunan warga setempat bisa menciptakan kesan indah di foto. Pemandangan hamparan hijau yang mempesona di sekitar villa menjadikan tempat ini sering menjadi tempat foto prewedding.

2. Menginap dan berlibur pada waktu yang sama

Vila dengan 12 kamar tamu dan beberapa cottage ini biasa dipilih wisatawan sebagai tempat menginap, sekaligus liburan santai dengan pemandangan pegunungan.

3. Nikmati kuliner khas

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan di Villa Bambapuang adalah menikmati berbagai kuliner khas di kafe dan restoran yang disediakan pengelola villa. Tak hanya sajian kuliner Enrekang yang lezat, kafe di dalam vila juga didesain dengan konsep alam terbuka.

Kafe dan restoran vila menawarkan beberapa menu yang menyajikan hidangan khas Kabupaten Enrekang: Pulu Mandoti dan Nasu Cemba.

Selain menyajikan hidangan, menu yang dapat dinikmati oleh pengunjung kafe dan restoran vila termasuk minuman yang nikmat. Salah satu minuman khas Enrekang adalah kopi Arabika Kalosi. Kopi Kalosi Arabica bahkan diekspor ke luar negeri.

Fasilitas tersedia di area villa

Fasilitas di Villa Bambapuang Enrekang
Kredit Gambar: Google Maps Guru Ngaji Blogger

Fasilitas yang tersedia di Villa Bambapuang sangat lengkap dan dapat memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung. Wisatawan dapat menemukan fasilitas penginapan bagi siapa saja yang ingin menginap di villa.

Ada juga beberapa klip foto keren yang disiapkan oleh manajemen. Aula besar yang biasanya disewakan untuk berbagai acara seperti seminar, mushola, dan toilet juga tersedia di lokasi wisata.

Tempat parkirnya juga cukup luas untuk menampung kendaraan roda dua dan empat. Tempat makan, termasuk warung makanan lokal, juga terdapat di sekitar vila.

Villa Bambapuang merupakan tempat wisata yang dimiliki dan dioperasikan langsung oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Enrekang. Diharapkan villa ini sebagai tempat tujuan wisata mampu menarik wisatawan yang berkunjung sehingga dapat menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar.

[ad_2]

gca-ER-

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *