Air Terjun Lewaja, Pesona Air Terjun Dilengkapi Waterboom di Enrekang

  • Bagikan
banner 728x90

[ad_1]

Air Terjun Levaya di Desa Wisata Levaya cukup terkenal, terutama di kalangan warga daerah Enrekang. Salah satu daya tariknya adalah panorama alam air terjun.

Harga tiket: Rp 10.000 Jam kerja: 24 jam, Alamat: Kiri, Kek. Enrekang, Kabin. Enrekang, Sulawesi Selatan; Map: Pemeriksaan lokasi

Enrekang, Sulawesi Selatan menjadi salah satu daerah di Indonesia yang menawarkan banyak wisata alam menawan bagi wisatawan. Salah satu tempat wisata yang populer di Enrekang adalah Air Terjun Levaya yang cukup ramai dikunjungi penduduk setempat.

Jumlah pengunjung yang datang ke air terjun pemandian Levaya pada akhir pekan atau liburan panjang juga cukup tinggi dibandingkan hari biasa. Selain itu, dari segi aksesibilitas, jarak menuju tempat wisata ini juga tidak terlalu jauh dari pusat kota Enrekang.

Diharapkan dengan semakin aktifnya potensi wisata yang ada di Enrekang, maka semakin mampu menggerakkan roda perekonomian penduduk di sekitar kawasan wisata tersebut. Oleh karena itu, diharapkan berbagai fasilitas wisata yang ada di Enrekang dapat dikelola dan dikembangkan lebih lanjut untuk menarik lebih banyak wisatawan.

Daya tarik air terjun Levaya

Daya Tarik Curug Kiri Enrekang
Kredit Gambar: Google Maps Ardigou Navan

Tempat Wisata Air Terjun Levaya di Desa Wisata Levaya terus berbenah untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke objek wisata yang satu ini. Ada banyak daya tarik yang ditawarkan oleh air terjun alami di kaki gunung ini.

1. Panorama air terjun

Daya tarik utama dari air terjun Levaya tentunya adalah air terjun yang bersumber langsung dari mata air pegunungan Levaya. Air terjunnya sangat segar dan bersih.

Wisatawan akan dimanjakan dengan panorama alam berupa air terjun setinggi 13 meter yang mengalir melalui bebatuan besar di kaki gunung.

Air terjunnya tidak terlalu tinggi dan deras sehingga cukup aman untuk bermain air di bawahnya. Ada banyak batu besar di bawah air terjun di mana Anda bisa duduk dan bersantai.

2. Panorama gunung yang indah

Daya tarik air terjun Levaya selanjutnya adalah panorama pegunungannya yang indah. Air terjun ini dikelilingi deretan bukit dengan pepohonan yang tinggi dan besar karena usianya yang sudah puluhan tahun.

Hijaunya daun pepohonan yang segar menambah kesegaran udara di sekitar objek wisata. Pengunjung dapat menikmati panorama pegunungan yang indah ini sejak memasuki area pemandian kolam. Pemandangan gunung menjadi lebih jelas saat Anda mencapai air terjun.

3. Gelandangan air dan kolam renang

Atraksi yang ditawarkan wisata pemandian alam tidak hanya air terjun, tetapi juga waterboom dan kolam di dalamnya. Jarak dari air terjun ke kolam dan pancaran air sekitar 50 m yang dapat ditempuh melalui jalan setapak di tepi lembah.

Ada dua jenis kolam, yaitu kolam dewasa dan kolam anak. Air di kolam tersebut berasal langsung dari air terjun, sehingga terkesan sangat sejuk dan bersih.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat air terjun Kiri Enrekang
Kredit Gambar: Peta Google Norman Marantika

Air Terjun Lewaja terletak di Desa Wisata Lewaja, Bisang, Desa Lewaja, Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan. Pusat kota Enrekang berjarak kurang lebih 6 km dari objek wisata ini. Ada beberapa rute yang bisa Anda gunakan untuk mencapai tempat-tempat wisata.

Jika Anda mengambil rute dari arah timur, maka waktu tempuh yang dibutuhkan adalah 30 hingga 45 menit dengan kendaraan bermotor. Akses jalan dari kota menuju desa wisata Levaya tidak begitu sulit, mengingat jalannya mulus beraspal.

Namun, akses jalan dari tempat parkir mobil menuju air terjun ini agak sulit. Pasalnya, jalan setapak yang dibangun bisa jadi agak licin dan tidak terlalu lebar.

Belum lagi ada lembah yang dalam di sebelah kanan jalan setapak, jadi harus sangat berhati-hati. Dari pemandian atau kolam Levaya menuju air terjun berjarak sekitar 50 m.

Untuk bisa menikmati pemandangan menarik Levaya Falls atau bermain air di objek wisata alam ini, pengunjung hanya dikenakan biaya masuk yang cukup terjangkau.

Anak-anak hanya akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000. Sedangkan tiket masuk dewasa biasanya dikenakan biaya Rp 15.000. Harga tiket masuk dapat berubah pada akhir pekan atau libur panjang.

Peristiwa menarik di air terjun Levaya

Istirahat aktif di Curug Kiri Enrekang
Kredit Gambar: Google Maps Fitry Chelsea

Mendaki air terjun di desa wisata Levaya menawarkan banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan wisatawan. Di sini Anda dapat melakukan olahraga air dan rekreasi.

1. Berenang

Kegiatan pertama yang bisa anda lakukan di tempat wisata air terjun Levaya ini tentunya adalah berenang atau sekedar bermain air. Pengunjung bisa berendam di aliran air di bawah air terjun atau berendam di kolam pemandian Levaya.

Air terjun tersebut dipadukan dengan kolam renang di kawasan renang alami Levaya. Terdapat dua pilihan kolam yaitu kolam dewasa dan kolam anak yang tidak terlalu dalam.

2. Berburu foto

Ada banyak tempat indah untuk foto di kawasan wisata air terjun Levaya. Pemandangan alam yang indah dengan latar belakang perbukitan dan pegunungan yang indah membuat fotografi menjadi sangat populer. Dipadukan dengan air terjun yang mengalir deras, foto dijamin makin cantik untuk diunggah ke media sosial.

Wisatawan bisa mengunjungi wisata alam pemandian Levaya yang buka mulai pukul 07.00 hingga 18.00. Tidak disarankan untuk pergi ke air terjun terlalu larut malam, karena jalan menuju air terjun kecil dan licin, sehingga ada kekhawatiran Anda akan terpeleset saat hari gelap.

3. Santai sambil menikmati sajian Anda

Wisatawan juga bisa bersantai di bebatuan di bawah air terjun. Bebatuan besar ini sangat nyaman untuk diduduki dan juga cukup aman.

Sembari menikmati jajanan yang dibeli dari warung-warung di sekitar wisata pemandian alam, pengunjung bisa mengobrol dan bersantai setelah lelah berjalan menuju air terjun.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

Air Terjun Kiri Enrekang
Kredit Gambar: Google Maps Bangkit R

Air Terjun Levaya saat ini berada di bawah pengawasan langsung Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispora) Enrekang, sehingga fasilitas yang ada di lokasi cukup memadai. Lahan parkir di lokasi wisata ini cukup luas untuk menampung kendaraan roda dua dan empat.

Beberapa fasilitas yang sudah tersedia di lokasi air terjun antara lain spot selfie yang telah disiapkan pengelola untuk memudahkan pengunjung dalam berfoto.

Fasilitas lain yang tersedia di tempat wisata ini adalah mushola untuk tempat ibadah, serta kamar mandi umum bagi pengunjung yang ingin membilas diri. Pengunjung juga tidak perlu membawa bekal dari rumah karena sudah tersedia tempat makan yang telah dibuat oleh warga di sekitar kawasan wisata.

Tempat wisata Enrekang didominasi oleh pemandangan yang indah: pegunungan, perbukitan dan air terjun. Air Terjun Kiri merupakan salah satu tujuan wisata yang populer bagi masyarakat Enrekang dan sekitarnya. Tidak hanya air terjun, tempat wisata juga dilengkapi dengan kolam renang dan lain sebagainya.

[ad_2]

gca-ER-

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *