Pantai Payung, Spot Favorit Menikmati Indahnya Panorama Laut di Batam

  • Bagikan
banner 728x90

[ad_1]

Pantai Paiung memiliki suasana alam yang asri dan menenangkan. Destinasi wisata ini merupakan tempat yang paling cocok untuk para pecinta sunset dan sunrise!

Harga tiket: Rp5.000 Jam kerja: 24 jam, Alamat: Kampung Melayu, Batu Besar, Batam, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Pemeriksaan lokasi

Pantai Payung menawarkan ketenangan di tengah hiruk pikuk kota Batam. Wisata bahari ini tidak akan membuat siapapun cuek. Pasir putih bersih, rimbunnya pepohonan di sudut pantai, ombak yang terlalu besar dan masih banyak lagi makanan laut Jajanan pasti membuat wisatawan betah berlibur.

Tempatnya di daerah Kampung Melayu dan juga dekat dengan tempat lain. Jalan-jalan ke pantai cantik ini dijamin seru, meski cuaca agak pelit. Wisatawan dapat mengunjungi pantai populer ini kapan saja.

Daya tarik pantai ini membuat banyak orang mengunjunginya. Meski demikian, suasana alam tetap terjaga di sini, jadi menghabiskan waktu di sini menyenangkan. Beragam aktivitas yang bisa dilakukan di sini juga jadi daya tarik tersendiri!

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai Payung

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai Payung
Kredit Gambar: Google Maps Agus Rivai

Bukan tanpa alasan Wisata Pantai Payung berhasil menarik perhatian banyak wisatawan mancanegara. Destinasi bahari ini memang memiliki keunikan yang sulit ditolak. Berikut beberapa daya tarik destinasi wisata pantai di Batam ini, yaitu:

1. Keindahan alam yang terjaga

Destinasi wisata bahari ini memiliki keindahan alam yang tetap terjaga meski sudah dikenal masyarakat dan ramai pengunjung. Hamparan pasir putih yang luas di sepanjang pantai terlihat indah dengan ombak yang tenang.

Tidak ada garis lengkung yang menghalangi pemandangan lautan sehingga semua keindahannya dapat terlihat. Airnya jernih, pasir putih dan berbagai biota yang bisa dijumpai di pantai saat air surut.

Saat Anda melihat dari sudut yang berbeda, pandangan Anda juga akan dimanjakan oleh deretan pohon bakau dan kelapa. Tampilan ini membuatnya lebih cantik dan menenangkan. Ideal untuk bersantai dan mengistirahatkan hati dan pikiran!

2. Ombaknya tidak terlalu besar dan cukup tenang

Terkadang wisatawan ragu untuk pergi ke pantai karena tidak tahu cara berenang atau takut terbawa ombak. Hal seperti itu tidak perlu Anda pikirkan saat berada di Pantai Payung karena ombaknya tidak terlalu besar, bahkan cukup tenang.

Air laut dan ombaknya relatif tenang, sehingga bisa digunakan untuk berenang atau aktivitas pantai lainnya. Mulai dari pantai menuju tengah juga cukup dangkal. Cocok banget buat main air kan?

Namun, berhati-hatilah saat bermain di pantai. Jika Anda membawa anak-anak bermain air di pantai, selalu awasi mereka.

3. Pemandangan matahari terbit dan terbenam yang menawan

Siapa yang bisa menolak keindahan fenomena matahari terbit dan terbenam setiap harinya? Pantai adalah tempat paling populer dan cocok untuk menontonnya. Pantai Payung di Batam adalah pemandangan matahari terbit yang luar biasa.

Sedangkan pada sore hari, wisatawan bisa melihat pesona langit sore bersamaan dengan sunset. Angin sepoi-sepoi dari pantai dan ombak menciptakan suasana yang nyaman di sini. Bagus untuk bersantai!

Setiap pengunjung bisa datang dan bersantai di pantai sambil menunggu matahari terbenam.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Ambrella
Kredit Gambar: Google Maps Kumala Surya Putri

Pantai cantik di Batam ini terletak di kawasan Kampung Melayu, Desa Batu Besar, Kawasan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau. Destinasi wisata tepi pantai ini bisa dijangkau dari berbagai daerah.

Bandara Internasional Hang Nadim bisa dijadikan referensi lokasi Pantai Payung. Tempat ini hanya berjarak 7 km dan dapat dicapai dengan taksi atau mobil pribadi. Cukup sulit menemukan angkutan umum di jalur tersebut, jadi lebih baik menyewa mobil.

Tidak banyak belokan di jalur Hang Nadim ke Kampung Melayu. Jalur wisata ini melintasi jalan menuju Hang Tuah, masuk ke Jalan Kesturi, setelah itu wisatawan bisa langsung melihat keindahan pantai yang mempesona.

Jika masih bingung dengan rutenya, maka gunakan saja aplikasi Google Maps atau aplikasi petunjuk arah lainnya untuk menuju pantai.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Tiket masuk Pantai Payung mulai dari Rp 5.000 per orang. Selain itu, ada biaya tambahan untuk layanan parkir valet. Biasanya pihak pengelola akan meminta biaya parkir sebesar Rp 1.000 hingga Rp 5.000 tergantung jenis kendaraan yang dibawa.

Biaya tersebut sudah termasuk fasilitas berupa gazebo di tepi pantai. Tidak perlu menyewa secara terpisah jika ingin menghabiskan waktu bersantai di gazebo yang terlindung dari sinar matahari langsung.

Wisatawan juga bisa berkunjung kapan saja tergantung waktu luangnya. Pantai indah ini buka 24 jam sehari, memberi Anda lebih banyak kesempatan untuk bersenang-senang.

Aktivitas Seru di Pantai Payung

Aktivitas Seru di Pantai Payung
Kredit Gambar: Google Maps Sanzi Faredi

Berlibur atau jalan-jalan ke Pantai Paiung pasti menyenangkan hati Anda. Apa yang bisa membuat liburan di pantai cantik ini semakin berkesan?

1. Berkemah

Ingin mencoba tantangan baru dengan bermalam di pantai? Pantai di sekitar Kampung Melayu bisa menjadi tempat yang indah. Persiapkan peralatan dari rumah, ajak teman dekat, lalu nikmati waktu terbaik.

Saat malam tiba, suasana di Pantai Paiung semakin sejuk. Tempat ini masih asri dan jauh dari perkotaan, sehingga bintang-bintang di langit akan lebih terlihat jelas pada malam hari. Berkemah akan lebih menyenangkan sambil makan dan menghangatkan minuman, bercerita atau bernyanyi.

2. Bola voli pantai

Kegiatan di Pantai Payung tidak akan lengkap tanpa olahraga voli air. Hal ini dikarenakan wilayah pesisir yang cukup luas dengan lingkungan yang bersih. Maka dari itu, voli pantai bisa menjadi pilihan menarik untuk berlibur agar lebih seru.

Tidak perlu memaksakan diri bermain voli pantai jika sulit ditemukan. Menggantinya dengan bola plastik tetap akan membawa kesenangan baru jika dilakukan bersama orang-orang terdekat.

Pilih tempat yang sedikit di pantai, sejauh mungkin dari keramaian. Biasanya wisatawan cenderung berkumpul di tengah kawasan pantai untuk menghabiskan waktu.

3. Mencoba jajanan kuliner yang berbeda

Belum lengkap rasanya perjalanan jika tidak mencoba berbagai jajanan yang ditawarkan di tempat wisata tersebut. Wisata kuliner juga bisa menjadi kegiatan menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Berbagai obat makanan laut menjadi daya tarik universal yang bisa Anda coba di Pantai Payung, mulai dari ikan hingga kepiting. Selain itu, ada es kelapa segar yang melegakan tenggorokan di cuaca yang sangat panas.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di Pantai Payung
Kredit Gambar: Google Maps Hendro Cyrin

Anda dapat menggunakan berbagai fasilitas untuk bersenang-senang di pantai yang menawan ini. Fasilitas apa saja yang bisa digunakan? Di bawah ini adalah beberapa fasilitas yang tersedia di kawasan wisata pantai ini, yaitu:

  • ceruk
  • Tempat sampah
  • Toilet atau kamar mandi
  • Restoran dan warung makan
  • Parkir besar

Semua fasilitas yang ada dikelola oleh pengelola pantai. Namun demikian, diharapkan kepada seluruh wisatawan untuk menjaga kebersihan kawasan pantai agar tetap nyaman untuk berwisata dan rekreasi.

Pantai payung inilah tempat yang cukup menggoda untuk dijadikan sebagai landmark liburan di batam. Daripada selalu stuck di tengah kota yang padat dan ramai. Bukankah berhenti di sini akan menjadi istirahat terbaik setelah rutinitas harian yang monoton?

[ad_2]

gca-ER-

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *