Pantai Seger Kuta, Pantai Cantik dengan Panorama Alam Memukau di Lombok

  • Bagikan
banner 728x90

[ad_1]

Pantai Seger Kuta merupakan salah satu pantai utama di lombok, Nusa Tenggara Barat menawarkan pemandangan alam yang indah serta budaya tradisional.

Harga tiket: Rp 5.000 Jam kerja: 24 jam, Alamat: Kabupaten Pujut, Cab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Map: Pemeriksaan lokasi

Pantai Seger Kuta merupakan pantai dengan sejuta pesona. Dimulai dengan panorama yang menakjubkan, dipadukan dengan unsur tradisional kisah legendaris Putri Mandalika Lombok. Hanya dua hal ini yang mampu menarik banyak wisatawan.

Destinasi ini mampu memukau pengunjung baik dari dalam negeri maupun dari mancanegara. Berkat luasnya kawasan pantai, wisatawan bisa menjajal beberapa titik pantai yang terbagi menjadi tiga bagian. Setiap bagian berpotensi menjadi tempat kegiatan yang menarik.

Selain itu, pantai ini tidak sulit dijangkau karena sangat strategis. Perjalanan dapat dicapai tanpa kesulitan yang berarti. Menariknya lagi, fasilitas di Pantai Seger Kuta juga cukup memadai sehingga wisatawan bisa menikmati liburannya dengan maksimal.

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai Seger Kuta

Objek Wisata Pantai Seger Kuta
Kredit Gambar: Google Maps Urs Dreyer

Lombok memang terkenal dengan pantainya yang indah. Selain saling berdekatan, panorama yang ditawarkan juga tidak main-main. Salah satunya adalah Pantai Seger. Daya tarik apa yang menjadi magnet bagi pengunjung ini?

1. Panorama alam

Daya tarik pantai ini terletak pada pesona alamnya yang menakjubkan. Wisatawan dapat menemukan pasir yang indah dan bukit-bukit yang menjulang tinggi. Saat musim kemarau, pantai terlihat lebih cerah, cocok untuk jepretan kamera.

Pemandangan perbukitan dan pegunungan terlihat lebih jelas. Pesona alamnya tidak mengaburkan kabut, seperti saat cuaca mendung, sehingga menjadi subjek yang ideal untuk memotret baik saat fajar maupun saat matahari terbenam.

Namun saat musim hujan, panorama yang ada tidak menjadi jelek. Wisatawan hanya akan mendapatkan suasana yang berbeda, karena udara sejuk tetap hadir, sembari memanjakan mata dengan pemandangan hijau yang memanjakan mata.

2. Ritual mengharumkan Nyale

Ritual Bau Nyale diadakan di Pantai Seger pada bulan Februari hingga Maret setiap tahunnya. Wisatawan diperbolehkan untuk mengambil bagian dalam ritual ini. Nyale merupakan legenda tersendiri yang berkembang di masyarakat setempat. Legenda ini menceritakan tentang cacing laut penjelmaan Putri Mandalika.

Tradisi ini sudah ada sejak lama. Cara mengikuti ritualnya juga sangat sederhana. Wisatawan cukup mencari cacing laut di Pantai Seger Kuta, Lombok. Carilah dalam jumlah banyak untuk kemudian diolah menjadi makanan siap saji.

3. Bagian pantai

Ada tiga bagian pantai yang masing-masing memiliki panorama yang menakjubkan. Mulai dari utara yang airnya jernih dan ombaknya tenang. Ada juga tugu Putri Mandalika yang bisa dijadikan objek fotografi.

Kemudian bagian tengah pantai dikelilingi sawah hijau. Titik ini disebut Seger 1. Di tengah laut terdapat tumpukan batu Laut Hitam, juga terdapat jalan setapak di pesisir Pantai Seger Lombok 1 yang berpasir putih. Lautnya yang biru dengan ombak yang besar sangat cocok untuk berselancar.

Kemudian datanglah pantai selatan yang disebut juga dengan Seger 2. Pantai ini berbentuk memanjang, dimana terdapat sebuah batu berbentuk jamur yang disebut Batu Tengkong (Batu Jamur). Di sini wisatawan bisa berenang karena ombak lautnya tidak terlalu besar.

4. Hewan ternak di dekat pantai

Kawasan Pantai Seger Kuta memiliki hewan ternak yang digunakan masyarakat untuk merumput. Salah satu binatang peliharaan yang sering dijumpai di sekitar pantai adalah kerbau.

5. Jembatan komunikasi antar daerah

Pemerintah juga sedang membangun jembatan penghubung di kawasan pesisir agar beberapa kawasan di sekitarnya dapat terhubung. Destinasi berikut bisa dikunjungi melalui jembatan ini: Pantai Kuta, Bukit Seger, Gili Sugu, Gili Lawang, Gili Peneteh dan Bukit Putri Nyale.

Alamat dan rute menuju lokasi

Objek Wisata Pantai Seger Kuta
Kredit Gambar: Google Maps Fatur Razak

Pantai Seger Kuta terletak di Sukadane, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Pengunjung dapat memulai rencana perjalanan mereka dari Bandara Internasional Lombok dan memakan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai tujuan mereka.

Jika Anda memilih titik keberangkatan dari pusat kota Mataram, perjalanan akan memakan waktu kurang lebih satu jam. Jika Anda bermalam di kawasan Kuta, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke tempat tujuan.

Akses menuju destinasi juga cukup mudah karena pengunjung dapat menggunakan berbagai moda transportasi seperti sepeda motor, mobil, angkutan umum bahkan taksi. Jalur utama yang sering ditempuh adalah melalui Jalan Kuta Lombok dan Jalan Batunyala.

Selain itu, wisatawan juga bisa datang berkelompok dengan menggunakan bus. Bagi yang baru pertama kali datang tidak perlu khawatir tersesat, karena Anda bisa menanyakan langsung petunjuk arah perjalanan kepada penduduk setempat.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Pengunjung bisa datang ke pantai di Kuta Lombok ini kapan saja karena jam bukanya 24 jam sehari. Harga tiket masuk Pantai Seger cukup terjangkau: mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per orang.

Lebih tepatnya, nominal Rp 5.000 merupakan harga tiket masuk pada hari biasa, dan Rp 10.000 merupakan harga saat akhir pekan atau peak season. Biaya parkir adalah Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Namun nominal harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan operator objek wisata. Harga yang terjangkau tersebut tentunya sudah cukup untuk mengeksplor Pantai Seger seutuhnya, meski belum termasuk biaya sewa mobil, penginapan, dan biaya lainnya.

Aktivitas menarik di Pantai Seger Kuta

Aktivitas menarik di Pantai Seger Kuta
Kredit Gambar: Google Maps Heidi Lee

Liburan pantai kurang lengkap jika tidak melakukan sejumlah aktivitas menarik. Apalagi ini adalah Pantai Seger Kuta Lombok yang lautnya yang jernih bisa menjadi tempat aktivitas di air. Kegiatan apa yang dianjurkan?

1. Snorkeling, selancar, berenang

Di pantai ini, wisatawan diperbolehkan melakukan berbagai aktivitas di air, seperti berenang dan snorkeling. Snorkeling memungkinkan pengunjung untuk langsung menikmati keindahan bawah laut. Berbagai ikan unik dan terumbu karang tumbuh di laut.

Selain itu, selancar adalah aktivitas air menarik lainnya. Meski ombak di Pantai Seger Kut tidak terlalu besar, namun aktivitas ini tetap sulit dilakukan. Di pantai yang indah ini Anda bisa berenang dan sekedar bermain air.

2.Bukit Seger

Selain keseruan di Pantai Seger Kuta, wisatawan bisa menambah kesempurnaan liburannya dengan mendaki bukit-bukit kecil di sekitar pantai. Dari atas bukit Anda dapat melihat seluruh pantai.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Seger Kuta Lombok
Kredit Gambar: Google Maps Ms. Chae

Sebagai salah satu tempat wisata utama, Pantai Seger menyediakan berbagai fasilitas penting untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Objek-objek tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Toilet dan wastafel untuk olahraga air.
  • Villa atau homestay sederhana. Wisatawan bisa menginap di dekat pantai Seger Kuta. Beberapa hotel telah dibuka di pantai, antara lain Pipe Dream, Villas, Aerotel Tastura, Novotel Lombok dan Siesta House.
  • Tempat parkir yang luas. Jadi wisatawan yang datang dengan kendaraan pribadi tidak perlu khawatir. Tempat parkirnya memiliki daya tampung yang luas, sehingga kendaraan seukuran bus wisata pun bisa terparkir.
  • Bagi wisatawan yang ingin bersantai, pengelola pantai juga menyediakan gazebo, gazebo, dan kursi berjemur.
  • Selain itu, berbagai warung makan, restoran, dan stand juga tersedia bagi wisatawan yang ingin berwisata kuliner.
  • Obyek lain yang bisa dinikmati adalah bangunan bersejarah seperti tugu Putri Mandalika, Batu Jamur dan lain sebagainya.
  • Ada juga toko dan mall yang menjual oleh-oleh pernak-pernik dan jajanan khas Lombok.

Menjelajahi wisata bahari di Pantai Seger Kuta Lombok sangat direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan pengalaman unik dan menarik. Selain panoramanya yang luar biasa, pengunjung bisa mengikuti ritual Bau Nyale yang rutin diadakan setiap tahun.

[ad_2]

gca-ER-

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *