Mantap, Pembaharuan Software Operasi Hampir Rampung, LRT Jabodebek Siap Lanjutkan Uji Coba

  • Bagikan
banner 728x90

Jakarta (26/07), siaptv.com – Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) memastikan bahwa pembaharuan _software_ operasi LRT Jabodebek sudah hampir rampung dan siap dilakukan uji coba terbatas bersama penumpang. Hal ini sebagaimana disampaikan dalam rapat evaluasi pada Selasa (25/07) malam.

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal menyebutkan bahwa saat ini proses pembaharuan _software_ operasi LRT Jabodebek sudah memasuki tahap penyempurnaan sistem integrasi antara sarana dengan pintu _Passenger Screen Door_ (PSD) yang terdapat pada peron stasiun. “Tadi sudah dicoba juga untuk kereta melaju dan berhenti di peron, alhamdulillah saat ini sudah lebih halus dan nyaman jika dibandingkan pada saat uji coba kemarin,” tambah Risal.
Pembaharuan software yang dilakukan pada LRT Jabodebek mencakup pemutakhiran sistem _Automatic Train Supervison_ (ATS) dan _Trainguard Mass Transit_ (TMGT) yang berperan dalam mengatur jarak, dan interval antar kereta saat dioperasikan dalam mode _driveless_. Kedua sistem tersebut diperlukan pada pengoperasian kereta dengan tingkat otomasi ( _Grade of Automation_ / GoA) level 3 untuk memastikan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta.

Guna memastikan kesiapan sistem pasca pembaharuan software ini, DJKA juga akan melaksanakan pengujian integrasi sistem pada 27-28 Juli 2023 sebelum LRT Jabodebek dinyatakan siap mengangkut penumpang umum. “Kami akan mereview hasil _trial run_ yang dilakukan oleh rekan-rekan operator terlebih dahulu sembari menunggu proses penyempurnaan sistem integrasi pintu peron selesai dilakukan untuk keseluruhan sarana,” tutur Risal.

Jika keseluruhan proses persiapan, pengujian, dan trial run berjalan lancar, Risal berharap dapat segera dilanjutkan dengan uji coba terbatas berpenumpang. “Mohon doa dan dukungannya agar kami dapat melaksanakan persiapan operasional ini dengan optimal sehingga masyarakat umum dapat segera menikmati LRT Jabodebek,” tutup Risal.

( Awk )

  • Bagikan