Siap Televisi Untuk Indonesia
https://www.youtube.com/@siaptv

SiapTv.com – Kota Batu – Candi Songgoriti memiliki arsitektur dengan hiasan khas Jawa Tengah. Candi ini juga sangat kental dengan ciri bentuk batuan berupa stupa seperti candi Hindu lainnya. Selain itu, candi ini juga terdiri dari tiga bgian yakni kaki candi, tubuh candi dan atap candi. Akan tetapi hingga saat ini yang tersisa hanyalah bagian kaki candi dan sebagian tubuh dari candi yang terbuat dari batu andesit.

Salah satu hal yang menarik berada di sisi timur candi terdapat sumber air panas yang berwarna kuning yakni sekitar berjarak 10 m saja. Hal itu pertanda bahwa mengandung belerang yang merupakan hasil dari aktivitas vulkanik. Bahkan menurut legenda setempat menceritakan kalau dulunya di lokasi Candi Songgoriti adalah kawah gunung berapi yang mengeluarkan air panas.

Namun tidak ada yang berhasil menyumpal kawah tersebut. Sampai akhirnya datang Mpu Supa yang membangun sebuah candi di atas kawah tersebut. sehingga kawah tersebut menjadi sumber air panas yang dialirkan memakai pipa-pipa besi ke kamar-kamar hotel dan pemandian.

Candi Songgoriti diperkirakan telah dibangun sejak tahun 888 Masehi yakni pada masa pemerintahan Mpu Sindok. Beliau merupakan raja pertama dari Kerajaan Medang atau Mataram kuno periode Jawa Timur. Kerajaan Medang ini telah menguasai sekitar tahun 929 – 947 Masehi. Untuk masa pembangunan Candi Songgoriti masih belum diketahui secara pasti, namun diduga candi ini dibangun di masa perpindahan krkuasaan dari daerah Jawa Tengah ke Jawa Timur yakni pada sekitar abad ke-9 hingga abad ke-10 Masehi

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PT. SIAP TELEVISI INDONESIA