Siaptv.com  РPerang antara Rusia dan Ukraina diproyeksikan memburuk dan bereskalasi ke arah yang sulit untuk dikendalikan.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu dalam sambungan telepon dengan Menteri Pertahanan Prancis Sebastien Lecornu. Menurutnya, situasi di Ukraina dengan cepat memburuk dan cenderung ke arah eskalasi yang tidak terkendali.

 

Shoigu mengatakan Moskow khawatir Ukraina dapat menggunakan “bom kotor” dalam perang. Namun, hal itu diutarakan tanpa bukti yang mendukung tudingan tersebut.

“Mereka membahas situasi di Ukraina yang memburuk dengan cepat,” kata kementerian pertahanan dalam pembacaan panggilan tersebut, dikutip¬†Reuters, Senin (24/10/2022). “Ini cenderung menuju eskalasi lebih lanjut yang tidak terkendali”.

Adapun, apa yang disebut bom kotor adalah bahan peledak konvensional yang dicampur dengan bahan radioaktif.

Kementerian pertahanan tidak memberikan informasi lebih lanjut tentang pernyataannya.

Putin Terdesak, AS Sebut Pasukannya Siaga 1 di Depan Ukraina

Di sisi lain, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kembali mengingatkan ancaman senjata nuklir dari negara yang dipimpin Presiden Vladimir Putin.

Dia mengatakan hanya Rusia yang mampu menggunakan senjata nuklir di Eropa.

Zelensky pun mengkritik pernyataan Shoigu yang menyatakan Ukraina mungkin bersiap untuk menggunakan “bom kotor” dalam perang.

“Jika ada yang bisa menggunakan senjata nuklir di bagian Eropa ini – itu hanya bisa dari satu sumber – dan sumber itu adalah sumber yang telah memerintahkan kamerad Shoigu untuk menelepon di sini atau di sana,” kata Zelensky dalam pesan video, Senin (24/10/2022) malam.
“Semua orang mengerti sepenuhnya. Mereka mengerti siapa sumber dari semua hal kotor yang bisa dibayangkan dalam perang ini,” pungkasnya. (Her)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *