Siap Televisi Untuk Indonesia
https://www.youtube.com/@siaptv

Jombang ( siaptv.com ) -Pada sabtu (3/12/2022), Tim dosen dari Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan, Universitas Airlangga melaksanakan program pengabdian masyrakat berupa pengembangan pojok baca berbasis “delivery services” dan “fun collection” yang berada di Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang.

Hal tersebut merupakan skema lanjutan dari kegiatan tahun sebelumnya yang mensponsori pendirian pojok baca di tempat tersebut.

Dalam kegiatannya dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengembangkan literasi membaca di wilayah pedesaan. Bahkan juga dapat digunakan sebagai media untuk meminimalisir penggunaan gawai di kalangan masyarakat terutama pada anak-anak.


Oleh karena itulah, dibutuhkan kreatifitas dan inovasi untuk mengembangkan pojok baca, agar minat baca masyarakat tetap terjaga bahkan mengalami peningkatan yang signifikan.

Hal ini sejalan dengan pesan dari Samsul Hadi, S.Pd.I agar pengelola pojok baca dapat menjaga semangat agar pojok baca dapat terus berlanjut. Disamping itu, Imam Yuadi, S.Sos., MMT., PhD selaku ketua pelaksana pengabdian masyarakat mengatakan bahwa pelayanan antar (delivery services) yang dimotori Ibu-ibu PKK ini merupakan layanan bacaan yang dikirim kepada masyarakat yang berlainan dusun yang secara geografis jauh dari pojok baca. Koleksi yang tersedia beraneka macam dari mulai buku cerita anak-anak, novel untuk remaja dan koleksi teknologi tepat guna.

Program pojok baca ini yang melayani penduduk dimana pahlawan informasi yang dimotori oleh ibu-ibu PKK membawa koleksi langsung hadir atau mendatangi tempat tinggal atau tempat masyarakat beraktivitas.

Tidak hanya itu saja, Endah Mujiati, S.Pd., SPd.I mengatakan bahwa Mobil Siaga Pustaka tersebut tidak hanya menawarkan buku-buku, tetapi juga terdapat berbagai permainan tradisional untuk anak-anak. Melalui koleksi ini dapat mengenalkan dan melestarikan permainan tradisional dan dapat menarik perhatian anak-anak untuk membaca buku yang bersifat “fun collection”.

Disamping itu juga dapat merangsang minat para orang tua untuk membaca buku yang dilanda bosan karena menunggu dan mengawasi anak sekolah.

Lebih lanjut Dr. Tri Susantari, Dra., M.Si. sebagai salah satu dosen senior Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Unair menjelaskan, akan ada program lanjutan untuk tahun mendatang, seperti mengembangkan pojok baca berbasiskan koleksi dongeng untuk layanan bercerita di Desa Ngrimbi, Bareng, Kabupaten Jombang.” Pungkasnya.

Dengan adanya layanan jemput bola atau delivery service menggunakan Mobil Siaga Pustaka sebagai layanan antar dan penambahan koleksi fun collection berupa permainana tradisional. Hal ini seharusnya dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat desa mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Sehingga masyarakat dapat meningkatkan pemahaman, meningkatkan keterampilan komunikasi, meningkatkan harapan hidup dan meningkatkan empati. Tidak hanya itu saja, kegiatan tersebut dapat membantu anak-anak dalam mendapatkan aktifitas positif, mengembangkan kemampuan motorik kasar dan membantu melatih koordinasi tubuh dan.

Koleksi pojok baca tentang permainan anak tradisional bertujuan melatih anak untuk selalu kerja sama antar kelompok dalam mencapai tujuan. Tentunya ini membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak, seperti perangkat desa, ibu-ibu PKK dan seluruh lapisan masyarakat desa Ngrimbi.(*/di)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PT. SIAP TELEVISI INDONESIA