LUMAJANG – Sedikitnya 40 rumah di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang ini tertimbun Material Abu Vulkanik. Dari erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Minggu (4/12/2022) kemarin.

Sumarjono sebagai Ketua RT 3 RW 9 Dusun Kajar Kuning ini menjelaskan, jika luapan erupsi kali ini bisa dibilang semakin meluas.

“Jika dibandingkan tahun 2021 kemarin, erupsi kali ini semakin meluas, karena di tahun yang kemarin itu guguran awan panas tidak sampai parah seperti ini,”ungkapnya.

 

Foto: Warga Desa Sumber Wuluh dibantu relawan mengevakuasi harta benda yang tersisa. (Raphel/SiapTv.com)

Dirinya juga menuturkan jika warga dusun kajar kuning ini, nekat kembali menempati rumahnya lagi. Setelah guguran awan panas pada desember 2021 silam, lantaran masih belum mendapatkan jatah Huntara.

“Ya kan untuk pembagian huntara dan huntap itu belum seluruhnya warga terdampak mendapatkan semua, jadi bagi warga yang belum dapat, kembali menempati rumahnya lagi,” tambahnya.

Kini setelah dirasa kondisi sekitar dinilai mulai membaik, nampak warga Dusun Kajar Kuning kembali ke rumahnya. Dimana yang kondisinya sudah tertimbun abu vulkanik setinggi hampir dua meter, guna mengais harta bendanya yang masih bisa diselamatkan.(*)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *