BATU ( Siaptv.com ) – Momen dalam rangka peringatan hari gerakan penanaman sejuta pohon 2023 dan untuk mewujudkan kampus hijau (Green Campus) dan kampus pintar (Smart Campus), Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, bersama Gerakan Kesadaran Peduli Kelestarian Alam ” Alamku Hijau “, PT Bentoel Prima BAT, Badan Sosial Komunikasi Masyarakat ” Bakornas ” menggelar aksi tanam 1000 pohon.

Ada sekitar 1000 pohon jenis tanaman produksi tersebut selain ditanam di sebagian kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) tersebut juga ditanam di atas lahan seluas 3 hektare milik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang berada Kecamatan Junrejo, Kota Batu Jawa Timur, menyiapkan lahan. Rabu (18/1/2023 ) siang.

Dam adapun jenis tanaman produksi yang ditanam seperti tanaman jenis pohon Kelengkeng New Kristal, Nangka Merah, Apokat Aligator, dan Ficus Banjamina (Beringin).

Dalam kegiatan penanaman sejuta pohon ini selain dihadiri oleh Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur, Agus Dono Wibawanto juga dihadiri oleh Camat Junrejo Dian Saraswati, Kepala Dinas DLH Kota Batu Aries Setiawan, Pabung Widagdo, Perwakilan Kapolres Bayu.

Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof Dr HM. Zainuddin MA mengatakan bahwa penanaman pohon tree planting ini merupakan program dari
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang di Support AWS Certification ini untuk merealisasikan kampus hijau ( green campus ) yaitu konsep yang berkaitan dengan lingkungan.

” Kampus tidak hanya membangun fisik namun juga bagaimana lingkungan itu kita jaga.

Kampus bukan tidak hanya sebagai pusat akademik tetapi juga harus dapat memberikan contoh kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan, tidak hanya lingkungan sosial namun juga alam supaya satwa-satwa dan alam terlindungi.

Program penanaman pohon ini program nasional yang selalu dilakukan secara rutin oleh UIN. Dengan tujuan bagaimana penghijauan bisa dilakukan kemanapun dan dimanapun,” jelasnya.

Karena, perubahan cuaca saat ini yang mengkhawatirkan. Untuk itu semua elemen dan masyarakat harus terlibat menjaga alam ini.

” Pada kegiatan penanaman ini, Kami juga menyiapkan lahan seluas 3 hektare, tanaman yang ditanam jenis tanaman atau pohon produksi. Untuk perawatannya nantinya akan melibatkan mahasiswa” tegasnya.

Founder Alamku Hijau Fitri Harianto menambahkan bahwa yang di tanam adalah pohon produksi atau buah dengan harapan kedepannya hasil panennya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

” Kita mendorong kepada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk memiliki green smart kampus, bagaimana kami ikut mewujudkannya dengan bentuk sinergi bersama-sama kita dengan semua pihak dalam hal ini support 1000 pohon dari BAT yang sudah mulai kita tanam pada Desember 2022 yang lalu, jadi hari ini adalah ceremonial sebagai rangkaian terakhir kegiatan penanaman.

Dengan green smart campus ini untuk menuju parameter dunia yang mana perguruan agar ikut berkontribusi kepada perlindungan alam “, jelasnya.

Penanam tanaman kali ini dengan ketinggian 130 cm ke atas dengan usia bibit di atas satu tahun.

” Dengan harapan tanaman bisa tumbuh dengan beradaptasi dengan cuaca, selain ditambahkan dengan perawatan.

Selain itu untuk penanaman pohon jaraknya juga sudah di atur. Jadi tidak berdempetan dengan harapan kalau tanaman sudah besar tidak berdempetan “, harapnya.

Pohon yang ditanam dengan kategori bibit unggul seperti tanaman durian, kelengkeng new kristal, alpukat aligator , nangka merah, dan ada satu tanaman ramah air yaitu pohon beringin yang ditanam di sepadan sungai.

” Untuk penanaman sengaja kita kelompokkan dengan harapan mudah dalam perawatan “, jelasnya.

Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur, Agus Dono Wibawanto, yang turut hadir dalam penanaman ini berharap bahwa kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bisa menjadi kampus unggulan, terutama dalam melestarikan lingkungan.

“Kita ingin gubernur dan pemprov memiliki andil juga karena ini sesuatu yang berbeda. Karena saat ini kampus didorong tidak hanya edukasi pendidikan saja tapi juga lingkungan. Dan disini lahannya sangat besar ini skalanya internasional,” jelasnya.

Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur yang ruang lingkupnya cukup luas juga membidangi perekonomian, dimana jenis tanaman produksi yang dihasilkan dari penanaman itu akan menyangkut UMKM tentunya mensupport atas kegiatan tersebut.

“Harapan saya, kalau toh nanti kampus ini menyatakan kampus hijau dengan tunaman-tanaman yang bermanfaat dan menghasilkan buah-buahan sehingga tidak hanya sektor perkebunan saja tapi juga sektor perekonomian, terutama yang membidangi UMKM “, imbuhnya.

 

Secara pribadi, dirinya juga membantu dengan memberikan 1000 pohon mangga dan 1000 lebih pohon kalau

” Saya berharap dinas kehutanan juga terlibat disini paling tidak dengan memberikan pohon untuk menghijaukan kawasan di daerah sini.

Untuk kegiatan saat ini bantuan dari saya pribadi kedepan akan kami koordinasikan dengan dinas terkait agar menyumbang pohon yang lebih banyak lagi”, harapnya. ( Wic )

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *