[ad_1]

Biaya tur: Dari 25.000 rupiah Jam kerja: 24 jam, Alamat: Pulau Untung Jawa, Kek. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Map: Pemeriksaan lokasi

Pulau Untung Jawa merupakan salah satu destinasi wisata populer di Kepulauan Seribu Jakarta yang memiliki banyak daya tarik terutama keindahan alamnya yang masih asri dan eksotis.

Kepulauan Seribu merupakan sebuah kawasan di ibu kota Jakarta yang menyimpan banyak keindahan alam. Ratusan wisatawan rutin mengunjungi tempat ini hampir setiap hari karena tempat wisatanya masih asri. Salah satu destinasi wisata populer di Kepulauan Seribu adalah Untung Jawa.

Tempat wisata terkenal di Kepulauan Seribu ini tidak hanya menyuguhkan keindahan alamnya yang masih asri, tetapi juga menawarkan berbagai atraksi bagi pengunjungnya untuk bersantai. Belum lagi kelezatan seafoodnya yang luar biasa menggugah selera membuat pulau wisata ini sayang untuk dilewatkan.

Di Pulau Untung Jawa pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seperti menikmati gugusan pantai pasir putih yang indah, menyelam atau menikmati kuliner segar tangkapan langsung dari para nelayan.

Objek wisata milik pulau Untung Jawa

Daya Tarik Pulau Untung Jawa
Kredit Gambar: Google Maps Rama Viana

Termasuk dalam salah satu pulau di Kepulauan Seribu, tak heran jika Untung Jawa memiliki banyak objek wisata terutama keindahan alamnya yang masih asri dan eksotis. Berikut atraksi utama yang ditawarkan oleh pulau wisata ini.

1. Keindahan alam pantai

Pulau cantik ini menjadi pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin menjauh dari hiruk pikuk ibu kota. Pasalnya, pulau kecil yang indah ini masih terlihat sangat bagus dan tidak dikotori sampah seperti pantai-pantai di kota-kota besar.

Lautan berwarna biru kehijauan dengan air yang sangat jernih, sehingga permukaan dasarnya terlihat jelas. Ombak lautnya juga sangat tenang, sehingga anak-anak bisa bermain air dengan aman.

2. Keindahan terumbu karang

Daya tarik unik Untung Jawa selanjutnya adalah keindahan terumbu karang atau wisata bawah lautnya. Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan wisata bawah laut, ada syarat untuk snorkeling.

3. Platform luar negeri

Salah satu daya tarik dan simbol utama Untung Jawa adalah adanya anjungan berbentuk hati di atas laut. Platform kayu buatan ini dibangun tepat di atas lautan. Saat difoto dengan drone dari atas, terlihat seperti hati.

Banyak wisatawan yang datang ke pulau ini pasti tidak akan melewatkan pemotretan di pendopo. Belum lagi pemandangan sunset di sore hari terlihat sangat bagus untuk dinikmati dari atas anjungan sehingga sayang untuk dilewatkan.

4. Wisata kuliner bahari

Hiburan yang tak kalah menarik bagi para penikmat kuliner adalah wisata kuliner bahari yang beragam. Di pantai ini Anda bisa menikmati berbagai hidangan seafood segar.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau Untung Jawa
Kredit Gambar: Google Maps Alif Seedik

Untung Jawa terletak di gugusan Kepulauan Seribu dan hanya bisa dijangkau melalui jalur laut. Ada beberapa dermaga di sekitar Jakarta dan Tangerang yang melayani rute menuju pulau wisata ini.

Pilihan termurah dan tercepat adalah naik perahu dari Dermaga Tanjung Pasir di Tangerang. Waktu tempuh ke pulau ini hanya 30 hingga 45 menit. Pilihan perahu yang tersedia adalah perahu dengan harga Rp 250.000 per perahu atau perahu nelayan dengan harga Rp 25.000 per orang.

Pilihan terjangkau lainnya yang mudah diakses dengan kendaraan umum adalah melalui Dermaga Kali Adem, Muara Angke di Jakarta Utara. Kapal berangkat ke Kepulauan Seribu dari Dermaga Muara Angke Ancol setiap hari pukul 09.00, waktu tempuh 2 jam.

Wisatawan juga bisa mengambil rute dari Dermaga Marina, Ankola, Jakarta Utara, dan Pelabuhan Sunda Kelapa. Sayangnya, keberangkatan dari pelabuhan Sunda Kelapa dijadwalkan hanya pada hari Senin, Rabu, dan Sabtu pukul 08.00.

Sebenarnya tidak ada tiket masuk khusus bagi yang ingin mengunjungi pulau wisata di Kepulauan Seribu ini. Biaya tiket dibebankan kepada wisatawan yang ingin mengunjungi beberapa kawasan wisata khusus atau menikmati atraksi di pulau tersebut.

Aktivitas menarik di pulau Untung Jawa

Hal yang Dapat Dilakukan di Untung Jawa
Kredit Gambar: Facebook Anton Ld

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan pengunjung selama menikmati liburan di pulau wisata ini. Berbeda dengan pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu, Untung Jawa cukup ramai dengan turis maupun penduduk lokal yang tinggal di pulau kecil ini.

1. Nikmati keindahan alam

Hal pertama yang bisa dilakukan wisatawan saat menginjakkan kaki di salah satu gugusan Pulau Seribu adalah menikmati keindahan alam sekitar. Pulau kecil ini dikelilingi oleh pantai pasir putih yang membentang sejauh mata memandang.

Pada saat yang sama, lautan biru kehijauan yang sangat indah dan jernih terhampar di depannya. Berkat air lautnya yang jernih, ikan-ikan dan terumbu karang di bawahnya terlihat jelas.

Wisatawan dapat menikmati waktu mereka di pantai duduk di bawah payung besar yang disediakan oleh penjual makanan dan minuman di tepi pantai. Selain itu, deretan pepohonan yang rimbun di pinggir pantai juga bisa dijadikan tempat teduh saat bersantai di pantai.

2. Berenang di laut

Aktivitas utama yang harus dilakukan saat berlibur di pulau wisata ini selanjutnya adalah berenang di laut sekitar pantai. Layaknya lautan yang mengelilingi pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu, laut di Untung Jawa begitu jernihnya sehingga siapa saja bisa melihat dasar airnya.

Warna lautan berangsur-angsur berubah dari cahaya di pantai menjadi warna yang lebih gelap ke arah tengah lautan. Selain itu, berenang di laut sekitar pulau juga sangat aman karena perairannya yang tenang.

Bahkan gelombang laut tidak mencapai pantai. Oleh karena itu, anak-anak juga bisa diajak berenang di pantai menggunakan pelampung.

3. Nikmati permainan air

Ada banyak tempat wisata air yang bisa dinikmati wisatawan saat berkunjung ke pulau wisata ini. Beberapa wahana air yang bisa dinikmati adalah donat air, banana boat, dll untuk memacu adrenalin Anda.

Jika ingin menikmati wahana air disini, anda harus menyiapkan baju ganti karena baju yang anda pakai akan basah. Siapapun bisa naik di atas air, bahkan jika dia tidak bisa berenang.

Sebagai jaminan, pemasok atraksi permainan akan menyediakan pelampung pelindung bagi wisatawan. Selain itu, setiap mobil permainan memiliki sipir yang selalu siap membantu.

Layanan tersedia di area pulau

Objek di pulau Untung Jawa
Kredit Gambar: Google Maps Arif Burkhanudin

Wisatawan yang berencana berkunjung ke Untung Jawa tidak perlu khawatir dengan fasilitas umum yang tersedia di wilayah tersebut. Pasalnya, pulau wisata ini dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap, antara lain toilet, mushola, tempat parkir yang luas.

Selain itu, banyak warung makan berjejer di tepi pantai. Wisatawan yang ingin bersantai di pulau selama beberapa hari tidak perlu malu, karena ada banyak akomodasi yang terjangkau di sini, termasuk keluarga setempat.

Menikmati liburan panjang bersama keluarga kini lebih mudah berkat lokasinya Pulau UntungJawa yang mudah diakses menggunakan berbagai jalur wisata. Wisatawan bisa menikmati berbagai pemandangan alam yang masih asri dengan budget seadanya.

[ad_2]

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *