Siap Televisi Untuk Indonesia
https://www.youtube.com/@siaptv

[ad_1]

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Kecamatan Mundu, Kab. Cirebon, Jawa Barat; Map: Pemeriksaan lokasi

Tempat wisata murah yang masih layak untuk dikunjungi menjadi impian bagi sebagian wisatawan. Jika Anda sedang berada di Cirebon, mampirlah ke Seta Patok. Ini adalah objek wisata alternatif yang masih memiliki banyak pengunjung. Bahkan, setiap hari selalu saja ada orang yang datang, akan semakin banyak orang yang berlibur.

Cirebon merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki pesona alam yang luar biasa. Berkunjung ke sini dijamin tidak akan membosankan karena banyak tempat wisata yang dijadikan destinasi. Karena letak geografisnya, Cirebon memiliki banyak tempat wisata alam yang menawan. Air terjun, gunung, bukit, dan bahkan danau adalah tempat yang bagus untuk bepergian.

Setu Patok merupakan salah satu danau yang diperhitungkan, letaknya yang berada di kaki gunung Chiremay membuat udaranya sejuk dan pemandangannya bagus. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di sini, terutama untuk anak-anak. Pasalnya, tempat wisata di Cirebon ini dilengkapi dengan wahana permainan bernama Ciwalk.

Daya Tarik Setu Patok

Daya Tarik Setu Patok
Kredit Gambar: Google Maps Muhammad Saefuddin

Yang membuat sebuah objek wisata selalu ramai pengunjung adalah daya tariknya. Sangat penting bagi wisatawan untuk mengetahui daya tarik suatu tempat wisata. Alasannya tentu saja untuk mendapatkan gambaran sekilas sebelum menuju ke suatu lokasi.

1. Kisah Setu Patok

Sebelum membahas objek wisata Setu Patok lainnya, terlebih dahulu kita akan membahas tentang sejarah atau asal muasal danau ini. Di Indonesia, setiap tempat memiliki cerita yang diturunkan dari generasi ke generasi. Soal benar atau tidaknya, kita tetap harus menghormati apa yang masih diyakini oleh penduduk setempat.

Keberadaan sungai atau danau ini tidak lepas dari kondisi kawasan Mundu, lokasi objek wisata ini yang rawan banjir akibat luapan Sungai Naggela. Penduduk setempat tidak tahu bagaimana mengatasi masalah yang selalu muncul ini. Hingga akhirnya seorang tokoh masyarakat bernama Kiai Ento Rujitnalala membangun bendungan.

Ia adalah keturunan Raja Luvung yang dulunya disegani oleh penduduk setempat. Akhirnya, dia membangun bendungan yang cukup besar untuk menampung banjir di Sungai Naggela. Namun sayangnya, karena banyaknya air yang masuk, bendungan tidak dapat menampungnya hingga akhirnya jebol.

Tidak pernah terlintas dalam pikirannya sampai dia akhirnya mengadakan kontes. Kisah Setu Patok tidak lepas dari sayembara ini, dimana ia berjanji akan menikahkan putrinya yang cantik kepada siapa saja yang bisa mengatasi tantangan tersebut. Muqoyyim Seya, beliau adalah seorang pemuda yang baru pertama kali mencoba kompetisi ini.

Masih menggunakan bendungan yang dibangun Kiai Ento Rujitnal, Mukoim Seiya kemudian melakukan pertaruhan di beberapa titik. Hubungkan pancang dengan seutas benang untuk membuat lingkaran. Kemudian ia meminta kepada ulama dan warga setempat untuk berdoa dan memberikan solusi, hingga akhirnya terbentuk bendungan yang kuat hingga saat ini.

2. Pemandangan alam yang indah

Daya tarik Setu Patoka selanjutnya adalah pemandangan alam yang indah. Di sini, hampir semua pemandangan tampak hijau menyegarkan. Hanya sebagian sungai yang terlihat kecokelatan namun masih bersih. Perpaduan lanskap hijau dengan air danau yang tenang terlihat sempurna.

Kunjungan ke sini tidak hanya untuk hiburan, tetapi juga sebagai aktivitas penyembuhan dari urusan sehari-hari. Selain pemandangan hijau dan air danau yang tenang, view lain yang bisa dilihat adalah gunung Chiremay. Meski tidak terlalu jelas, namun tetap terlihat eksotis dan menyenangkan.

3. Mainkan wahana yang tersedia

Atraksi di Setu Patok
Kredit Gambar: Google Maps Hanza Nadila

Kebanyakan pengunjung yang datang ke Setu Patok adalah dari kalangan keluarga. Lainnya adalah beberapa pasangan pemuda dan pemudi yang ingin menghabiskan liburannya. Biasanya keluarga mengajak anaknya karena banyak wahana seru disini.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada kawasan khusus bernama Ciwalk. Di sini pengunjung nantinya bisa menggunakan berbagai permainan. Quad bike adalah salah satunya dimana medan yang akan dilintasi cukup menantang. Selain itu, ada juga paintball yang sangat menarik untuk dimainkan secara berkelompok atau berkelompok.

4. Lokasi strategis

Sebagus apapun objek wisatanya, jika tempatnya jauh kemungkinan besar akan kosong. Setu Patok tidak demikian, selain tempat wisata yang disebutkan di atas, lokasinya juga strategis. Mengunjungi tempat wisata di Cirebon ini dijamin mudah karena lokasinya yang berada di tengah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Setu Patok
Kredit Gambar: Google Maps Ofik Taufik

Untuk mengetahui lokasi persis dari objek wisata alam ini, kami sengaja akan membahasnya dalam bab khusus. Meski strategis, tidak semua wisatawan yang ingin berkunjung mengetahui titik pastinya. Biar lebih mudah, tuliskan alamat lengkapnya di Desa Setu Patok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Dari pusat kota, jarak yang harus Anda tempuh sekitar 12 kilometer. Cukup dekat tentunya karena membutuhkan waktu minimal 30 menit untuk sampai ke sana. Dari sekian banyak rute, Jalan Kaliyaga adalah yang paling direkomendasikan. Jika Anda tidak yakin, gunakan aplikasi Google Maps atau peta digital lainnya.

Biaya masuk ke objek wisata

Biaya masuk Setu Patok
Kredit Gambar: Google Maps Hanza Nadila

Berkunjung ke Setu Patok dijamin tidak akan membuat kantong bolong atau malah bangkrut. Alasannya disini tidak ada harga tiket masuk, jadi bisa dibilang gratis. Biaya hanya dibebankan dari wisatawan yang datang dengan transportasi pribadi. Harap siapkan Rs 3.000 untuk mereka yang tiba dengan sepeda motor dan Rs 5.000 jika Anda datang dengan mobil.

Selain biaya tersebut, kamu juga perlu menyiapkan budget jika ingin mencoba wahana yang ditawarkan. Harga bervariasi tergantung pada mobil yang Anda pilih. Setidaknya biaya yang harus dikeluarkan untuk satu kali perjalanan adalah Rp 20.000. Silahkan datang ke sini kapan saja, tapi lebih baik saat liburan, karena disini cukup ramai.

Aktivitas menarik di Setu Patok

Aktivitas menarik di Setu Patok
Kredit Gambar: Google Maps cho_soep

Ketika ingin mengunjungi suatu objek wisata, banyak perhitungan yang harus dilakukan. Bukan hanya mengetahui pemandangan, tempat dan harga tiket. Selain itu, Anda juga harus tahu apa yang menarik untuk dilakukan di tempat.

1. Piknik selama perawatan

Setu Patok merupakan salah satu tempat wisata di Cirebon yang cocok untuk piknik. Bagi yang terlalu malas untuk melakukan hal lain, sangat disarankan untuk bersantai di sini. Tentunya tidak hanya bersantai, tapi juga menikmati pemandangan alam. Gunung Chiremay, pepohonan rindang dan air sungai yang tenang cocok sebagai obat penyembuh.

2. Kami mencoba wahana permainan

Tindakan selanjutnya adalah mencoba game yang disediakan. Memang tidak seberapa jika dibandingkan dengan wisata lain yang secara khusus menawarkan wahana. Namun, memiliki sepeda quad dan paintball sudah cukup untuk mengisi waktu liburan Anda. Khusus untuk anak-anak, kegiatan ini dijamin membuat mereka lebih bahagia.

3. Memancing

Memancing adalah kegiatan seru lainnya di Setu Patok yang tidak boleh dilewatkan. Memang tidak ada ikan besar disini, karena beberapa di antaranya dihuni oleh ikan air tawar seperti mujair, mujair dan ikan gabus. Namun mancing dijamin membuat anda lebih nyaman dan tidak membosankan, karena anda bisa menikmati pemandangan alam di sekitar lokasi dan menghirup udara segar.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

Jasa Setu Patok
Kredit Gambar: Google Maps Hidayat Angga Nugraha

Bagaimana dengan fasilitas yang disediakan, apakah sudah lengkap? Jangan khawatir, tempat wisata ini dikelola dengan baik sehingga banyak fasilitas pendukung di sini. Pertama, ini adalah tempat parkir yang cukup luas dan dapat menampung ratusan mobil sekaligus. Di sini juga terdapat toilet, serta warung makan yang berjejer rapi di sepanjang pintu masuk.

Tidak dapat disangkal bahwa Indonesia adalah surga bagi wisatawan. Pasalnya, banyak lokasi wisata yang bisa dikunjungi, bahkan tersebar merata di setiap daerah. Setu Patok hanyalah salah satunya dengan segudang pesona. Tempat wisata ini cocok sebagai alternatif liburan bagi yang berbudget terbatas.

[ad_2]

gca-ER-

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PT. SIAP TELEVISI INDONESIA