[ad_1]

Harga tiket: Rp 15.500 Jam kerja: 08.00 – 16.00 MUSIM DINGIN, Alamat: Jl. Taman Cibodas, Sindanjaya, Kek. Chipanas, taksi. Chanjur, Jawa Barat; Map: Pemeriksaan lokasi

Taman Sakura Cibodas, bagi para traveller sejati tentu mengetahui objek wisata yang sedang hits ini. Keindahan dan keindahan alam yang luar biasa menjadi daya tarik tersendiri. Seperti namanya, tempat ini merepresentasikan keindahan bunga sakura yang mekar sepanjang musim. Seperti yang kamu ketahui, bunga ini merupakan ciri khas negeri Matahari Terbit.

Dengan suhu udara dan kondisi iklim yang hampir sama, bunga berwarna merah muda ini bisa tumbuh subur di wilayah Chianjur. Memang tidak semuanya, hanya di daerah yang beriklim dingin dan ketinggian tertentu bunga ini bisa tumbuh. Tentunya bukan hanya itu yang menarik, disini selalu ramai, karena ada yang bisa dilihat.

Di Jepang, bunga sakura bermekaran setiap tahun dan terlihat sangat menakjubkan. Baru satu tahun waktu itu, masyarakat Jepang melakukan hanami, yaitu budaya piknik bersama menikmati keindahan bunga sakura. Di sini, tidak hanya setahun sekali, tetapi dua kali setahun Anda bisa melihatnya bermekaran.

Landmark Taman Sakura Cibodas

Objek Wisata Taman Sakura Cibodas Cianjur
Kredit Gambar: Facebook Purima Travel

Kebun Raya Cibodas, disinilah tempat wisata Taman Sakura Cibodas berada. Penduduk Chanjur tentunya sangat mengenal taman tersebut, karena sangat terkenal. Tempat yang akan kita bahas kali ini hanya sebagian saja dengan berbagai atraksinya.

1. Taman Ceri

Daya tarik pertama tentu saja karena terdapat taman bunga sakura yang sangat indah. Dalam perjalanan di kawasan tersebut Anda akan melihat bunga-bunga cantik dengan ciri khas warna pink. Tidak tanggung-tanggung, taman ini memiliki luas 7000 meter persegi. Padahal, keberadaan bunga ini sudah ada sejak tahun 1963.

Namun saat itu jumlahnya tidak banyak, hanya beberapa tanaman yang ditanam. Pada tahun 2007, Taman Sakura Cibodas dibuka dan dibuka untuk umum. Tempatnya berada di dekat Lembah Chibogo, yang juga merupakan bagian dari Kebun Raya Chibodas.

Perlu diketahui bahwa kebun raya yang menjadi simbol kota Chianjur ini terletak di kaki Gunung Gede Pangrango. Kondisi ketinggian dan suhu semakin kondusif untuk bunga sakura yang indah. Rata-rata pengunjung tidak hanya melihat keindahannya tetapi juga piknik santai bersama keluarga atau pasangan.

2. Mekar dua kali setahun

Seperti yang sudah disebutkan di bagian pengantar di atas, bunga sakura biasanya hanya mekar setahun sekali. Hal ini tidak berlaku saat Anda berada di taman Cibodas Sakura karena bisa mekar dua kali dalam setahun. Bahkan durasinya terbilang cukup lama dibandingkan bunga sakura yang mekar di Jepang.

Paling tidak, Anda bisa menjadwalkan kunjungan selama satu bulan. Ini karena bunga sakura mekar pada bulan Januari hingga Februari. Waktu berbunga berikutnya adalah dalam 6 bulan, tepatnya dari Agustus hingga September. Berkat keunikan tersebut, Anda lebih leluasa dalam menentukan waktu kunjungan Anda.

3. Jalur air yang unik

Daya tarik lain dari Cibodas Cianjur Sakura Park
Kredit Gambar: Google Maps Erwan Prasetio

Objek wisata di Chanjur ini tidak hanya memiliki atraksi di atas, tetapi juga ada hal lain yang mungkin menarik bagi Anda. Jalan Air salah satunya di Taman Sakura Cibodas yang biasanya sangat populer di kalangan anak-anak. Dinamakan jalur air karena sebenarnya tempat itu dilalui kendaraan.

Namun jalan ini dialiri air yang cukup deras dan kondisinya sangat jernih. Di tengah aliran air terdapat bebatuan yang letaknya tidak rata sehingga terkesan semakin eksotis. Jika Anda melihat dari jauh, sepertinya ini adalah sungai, tetapi sebenarnya bukan. Aliran airnya hanya sebatas mata kaki dan tidak terlalu lebar.

Sangat aman bermain disini, keadaan air tidak mengganggu anda. Selain permainannya, biasanya banyak pengunjung yang memanfaatkan keeksotisannya untuk mengabadikan momen. Lebih bagus kalau foto, tapi tidak masalah kalau diabadikan dalam bentuk video, karena terdengar suara air mengalir yang merdu.

4. Air Terjun Chibogo

Daya tarik Taman Sakura Cibodas selanjutnya adalah Air Terjun Cibogo. Kurug dalam bahasa setempat berarti air terjun. Meski tidak terletak di satu tempat, jaraknya sangat dekat bahkan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 8 meter dan dipenuhi tumbuhan hijau di sisi kanan dan kirinya.

Seperti air terjun pada umumnya, terdapat kolam yang dihiasi bebatuan dengan berbagai ukuran. Beberapa kolam ini tidak terlalu dalam sehingga aman digunakan untuk olahraga air. Jika Anda berkunjung ke Kebun Raya Cibodas tanpa mengunjungi air terjun ini, liburan Anda akan jauh dari kata ideal.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Cibodas Sakura Park, Chanjur
Kredit gambar: Facebook N Siti Nurjanah HIbramsyah

Bagaimana menuju ke Taman Sakura Cibodas? Mungkin pertanyaan ini penting bagi Anda, terutama bagi mereka yang tinggal di luar kawasan Chanjur. Pertama, Anda harus mengetahui alamat lengkapnya: Jalan Taman Chibodas, Sindanjaya, Kecamatan Chipanas, Kabupaten Chianjur, Jawa Barat.

Ada banyak rute untuk menuju alamat ini, namun rute tercepat adalah melalui Jalan Labuan – Chianjur. Jarak dari alun-alun kota sekitar 24 kilometer, Anda juga membutuhkan waktu setidaknya 1 jam untuk sampai ke tempat itu. Misalkan Anda sekarang berada di alun-alun, silakan menuju ke Jalan Labuan – Chianjur dan kembali ke Jalan Pahlawan.

Destinasi selanjutnya adalah Jalan Kemang yang kondisi jalannya tidak terlalu bagus. Pasalnya, Anda harus melewati banyak belokan. Belum lagi jalan yang dijamin menanjak, seperti di pegunungan lainnya. Namun untuk menemukan Cibodas Sakura Park dari titik ini tidak terlalu sulit karena banyak penunjuk jalan.

Saat menemukan pintu masuk, jarak dari objek wisata ini sudah dekat. Dari pintu masuk kebun raya Cibodas III jarak menuju lokasi wisata sekitar 750 meter. Anda tidak perlu berjalan kaki untuk sampai ke tempat tersebut karena Anda dapat menemukan tempat parkir di lokasi wisata utama. Jika masih bingung, sebaiknya gunakan peta digital seperti GPS atau Google Maps.

Biaya masuk ke objek wisata

Tiket Taman Sakura Cibodas Cianjur
Kredit Gambar: Google Maps Firdaus M Noor

Taman Sakura Cibodas terbuka untuk umum, artinya semua wisatawan bisa menikmati keindahannya. Tidak hanya turis lokal, tapi juga turis mancanegara. Namun, Anda harus menyiapkan tiket masuk sebelum berkunjung. Untuk wisatawan lokal dan mancanegara tidak ada perbedaan harga masuk, namun pada hari yang berbeda.

Jika Anda datang pada hari kerja, maka siapkan dana sebesar 15.500 rupiah per orang. Sedangkan jika datang pada hari libur, tiket masuk akan meningkat menjadi 25.500 per orang, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Objek wisata ini juga menyediakan persewaan sepeda dengan dikenakan biaya.

Pada hari-hari aktif, Anda dapat menyewa sepeda untuk berkeliling lokasi hanya dengan Rs 15.000. Namun, jika Anda datang saat akhir pekan, harga tiket sepeda akan naik menjadi Rp25.500. Semua biaya di atas belum termasuk biaya parkir. Anda harus membayar 5.000 rupee jika membawa sepeda motor dan 20.000 rupee untuk mobil.

Aktivitas menarik di Cibodas Sakura Park

Kegiatan Taman Sakura Cibodas Cianjur
Kredit Gambar: Google Maps Maeen Alfaqeeh

Berkunjung ke Cibodas Sakura Park tidak akan lengkap jika belum terlibat dalam berbagai aktivitas di dalamnya. Harap dicatat bahwa ada banyak kegiatan di sini dan semuanya dijamin menarik. Baik Anda datang bersama keluarga atau pasangan, aktivitas ini sepertinya wajib dilakukan!

1. Piknik bersama keluarga

Sebagian besar pengunjung yang datang ke sini cenderung berpiknik bersama keluarga. Sebenarnya tidak hanya wisatawan yang datang bersama keluarga, tapi juga semua kalangan. Pasangan muda juga sering melakukan hal ini sambil menikmati keindahan bunga sakura.

Kegiatan ini mirip dengan yang dilakukan orang Jepang saat musim bunga sakura. Hanami adalah nama budaya yang diadakan setahun sekali. Tentunya tidak hanya sekedar menikmati keindahannya saja, melainkan menikmati makanan dan minuman yang disajikan. Suasana pegunungan semakin mendukung kegiatan ini, sehingga semakin menarik.

2. Kunjungi Air Terjun Chibogo

Tidak jauh dari lokasi Taman Sakura Cibodas terdapat air terjun yang indah dan menawan. Tidak ada salahnya jika Anda mengunjunginya untuk merasakan suasana baru. Selain itu, letaknya sangat dekat dengan wisata alam utama. Tidak ada alasan untuk tidak mengunjungi dan menikmati keindahan air yang mengalir turun dari atas.

3. Bermain air

Kegiatan selanjutnya adalah bermain air, biasanya anak-anak menyukai kegiatan ini. Mereka bisa bermain air di jalur air yang dijelaskan di atas. Selain itu, bisa juga saat berada di air terjun. Saat bermain Cibodas Sakura Park sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena dangkal, namun kondisinya agak licin.

4. Pembuatan konten

Bagi pembuat konten, perjalanan bukan sekadar sarana untuk penyembuhan atau refleksi diri. Selain itu, mereka biasanya bertujuan untuk membuat konten yang menarik. Memang selama ini konten wisata mulai populer. Anda bisa membuat konten berupa foto atau video, tergantung kebutuhan Anda.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman Sakura Cibodas Cianjur
Kredit Gambar: Studio Foto Model Facebook

Fasilitas di Taman Sakura di Cibodas ini sangat lengkap, kamu tidak perlu khawatir selama berkunjung. Jika Anda kehabisan perbekalan selama perjalanan, ada warung tempat Anda bisa membeli makanan. Ada juga toilet dan tempat ibadah, silahkan digunakan jika perlu. Selain itu tentunya terdapat tempat parkir, dan beberapa titik dilengkapi dengan gazebo atau tempat duduk.

Berkunjung ke lokasi wisata bukanlah agenda wajib bagi sebagian besar orang. Namun dengan traveling, banyak hal penting yang bisa kamu dapatkan, salah satunya adalah penyembuhan atau sarana relaksasi. Ini jika anda mengunjungi tempat wisata alam seperti Taman Sakura Cibodas yang akan kami bahas kali ini.

[ad_2]

gca-ER-

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *