Siap Televisi Untuk Indonesia
https://www.youtube.com/@siaptv

Kota Batu ( Siaptv.com ) ; Untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-78, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batu menggelar kegiatan donor darah sukarela dari pukul 08.00-11.00 WIB di Graha Pancasila, Balaikota Among Tani, Kota Batu, Senin (18/9/2023) pagi.

Kegiatan yang diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Batu, Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, dan sejumlah masyarakat umum ini sekaligus untuk menandai 78 tahun dedikasi PMI dalam memberikan pelayanan kemanusiaan.

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, mengaku sangat mendukung kegiatan ini donor darah ini.

” Kami sangat mengapresiasi para ASN yang telah mendonorkan darahnya.

Diharapkan pula, agar setiap OPD minimal mengirimkan 2 ASN untuk ikut donor darah “, jelasnya.

Ketua PMI Kota Batu, H Punjul Santoso, mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan salah satu kegiatan untuk merayakan HUT PMI.

“Saya sangat senang bergabung dengan ASN dan rekan-rekan warga dalam acara ini, untuk merayakan 78 tahun pelayanan PMI. Selanjutnya, berbagai kegiatan seperti gerak jalan, pengobatan massal, dan berbagai kegiatan kesehatan lainnya akan diselenggarakan di 8 Oktober,” terang Punjul Santoso.

Menurut Punjul Santoso, untuk mengikuti donor darah, para peserta harus memenuhi beberapa persyaratan. Antara lain berusia antara 17-60 tahun, berat badan minimal 45 kg, suhu tubuh normal sekitar 36,6-37,5 celcius, tekanan darah antara 70-160 mmHg.

Kemudian kadar Hemoglobin untuk perempuan minimal 12 gram, sedangkan untuk pria minimal 12,5 gr dan sebelumnya tidak meminum obat dalam 3 hari terakhir, tidak bepergian keluar negeri 6 bulan terakhir, dan maksimal penyumbangan 5 kali setahun dengan jarak 3 bulan.

Selain itu, peserta donor darah juga tidak diperbolehkan memberikan darahnya jika terkena beberapa penyakit seperti TBC, Hepatitis, Syphilis, malaria dan HIV.

Mengikuti kegiatan donor darah bukan hanya membantu orang yang membutuhkan. Namun, donor darah juga memberi manfaat kesehatan bagi pendonornya. Salah satunya bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Yuk, bantu sesama dengan mendonorkan darah “, harapnya.

( Wicaksono)

Editor: Irfan Hadi

Bagikan:
PT. SIAP TELEVISI INDONESIA