Siap Televisi Untuk Indonesia
https://www.youtube.com/@siaptv

Sidoarjo, Siaptv.com –┬áKemudahan pengajuan Pinjaman Online (Pinjol) melalui sebuah teknologi aplikasi sering di salah artikan seseorang untuk memanfaatkan jasa peminjaman uang. Tanpa disadari dengan tidak adanya kemampuan pengelolaan keuangan yang baik, seseorang yang menggunakan jasa pinjol dapat terlilit hutang yang tidak terkendali.

Seperti halnya yang dialami sepasang kekasih, akibat terjerat hutang pinjol keduanya nekat melakukan tindak kejahatan guna melunasi tagihan hutangnya. Sepasang kekasih tersebut adalah seorang laki-laki DAS (25) dan pacarnya seorang wanita MR (25) yang tertangkap tangan sedang melakukan tindak kejahatan membobol ATM pada rabu (04/10/2023).

Keduanya nekat melakukan tindak kejahatan membobol brangkas mesin ATM Bank Sinar Mas di Ngingas Barat, Kec. Krian dan pada saat melakukan aksinya, keduanya dipergoki oleh warga yang kebetulan berada disekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP). Kedua tersangka berhasil diamankan warga dan petugas kepolisian dari Polsek Krian yang kebetulan sedang berpatroli di wilayah tersebut sekitar pukul 03.00 WIB.

Pada saat gelar perkara di Mapolresta Sidoarjo kamis (19/10/2023) siang, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro mengatakan tersangka DAS terlilit hutang pinjol sekitar Rp. 20 juta. Untuk melunasi tagihan hutangnya, tersangka yang seorang pengganguran berinisiatif membobol mesin ATM dengan terlebih dahulu mempelajari cara membobol mesin ATM melalui video youtube.

“Dalam menjalankan aksinya, tersangka DAS mengajak pacarnya MR untuk menjaga sepeda motor dan mengawasi area sekitar TKP. Setelah satu jam brangkas ATM belum bisa dibuka, kemudian tersangka MR ikut masuk ke dalam ruang ATM dan waktu kedua tersangka menjalankan aksinya ada warga yang melihat”, ungkap Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro.

Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro menambahkan tersangka DAS membobol brangkas mesin ATM dengan menggunakan alat las blender, yang mana sebelum menjalankan aksinya tersangka berusaha menghilangkan barang bukti dengan menyemprot kamera pengawas CCTV di dalam ruang ATM menggunakan cat pilox berwarna hitam.

“Tersangka menggunakan las blender untuk membobol brangkas mesin ATM lengkap dengan peralatan bantu lainnya. Keduanya sudah dua kali melakukan upaya pembobolan mesin ATM, pertama di Ploso, Jombang dan kedua di Krian, Sidoarjo tetapi kedua lokasi yang menjadi target sasarannya gagal”, imbuh Kapolresta Sidoarjo.

Tersangka DAS yang merupakan warga asal Kec, Gondang, Bojonegoro menggunakan uang hasil pinjol untuk bermain game judi online. Dari tangan para tersangka berhasil diamankan beberapa barang bukti, diantaranya satu buah tabung oksigen, satu buah tabung gas elpiji 3 kg, peralatan las potong, cat pilox warna hitam, sepeda motor dan beberapa alat perkakas lainnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua tersangka telah ditahan di Mapolresta Sidoarjo. Keduanya diancam pasal 363 ayat 1 ke 4, 5 KUHP Jo Pasal 53 KUHP tentang percobaan pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman penjara selama tujuh tahun.

Nurhadi

Editor Irfan hadi

Bagikan:
PT. SIAP TELEVISI INDONESIA