Kota Batu ( Siaptv.com ) ; Menyambut Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024, Dinas Perhubungan Kota Batu menggelar kegiatan “Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) di Royal Orchid Garden Hotel, Jalan Indragiri, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu Kota Batu, Selasa (5/12/2023) siang.

Selain dihadiri langsung oleh PJ Wali Kota Batu Dr Aries Agung Paewai , pada egiatan ini antara lain dihadiri oleh Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Batu Agoes Machmoedi, turut hadir Kasat Lantas Polres Batu AKP Ponsen Dadang Martianto SH, TNI, Jasa Rahardja, PHRI, Satpol PP, Dinas PUPR, dan Organda dari Asosiasi APBU, dan Aliansi Pengemudi Mobil Penumpang Umum (APMPU).

Forum yang bertema “Sinergitas Stakeholder dalam rangka menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Kota Batu”, ini merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 37 Tahun 2011, yang memberikan landasan hukum dalam pengelolaan dan pengendalian lalu lintas dan angkutan jalan di wilayah kota melalui Forum LLAJ.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kota Batu, Agoes Machmoedi, menjelaskan bahwa forum ini digelar untuk mensinergikan dan bekerjasama antar instansi terkait di bidang lalu lintas dan angkutan jalan.

“Tujuan forum ini adalah untuk wadah komunikasi dan sinergi guna mengidentifikasi potensi permasalahan kemacetan yang akan terjadi pada Nataru 2023-2024 nanti,” jelasnya

Pj. Wali Kota Batu, Dr Aries Agung Paewai, menjelaskan bahwa pemetaan terkait titik-titik permasalahan di Kota Batu sudah mulai dilaksanakan. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah pelebaran jalan yang sudah dilakukan di berbagai tempat, termasuk di daerah jurang susuh.

“Disinilah forum yang akan menguatkan kita, siapa yang bertanggung jawab tentang pelaksanaan solusi. Pada saatnya menghadapi Nataru akan lebih siap lagi. Kita ingin memiliki visi misi yang sama, Kota Batu nyaman untuk masyarakat dan pendatang,” kata Aries.

Pemerintah akan membuat titik keramaian baru pada saat malam tahun baru 2024 nanti, Salah satunya dengan mengadakan event di Pasar Induk Kota Batu. Dengan begitu, keramaian tidak terpusat di Alun-alun Kota Batu saja, sehingga lalu lintas jadi lebih mudah dikelola.

Ditambahkan oleh Kasat Lantas Polres Batu AKP Ponsen Dadang Martianto SH bahwa pada kesempatan ini membahas kesiapan terkait bagaimana mengatasi permaslaahan yang bagaimana nanti mungkin timbul pada saat operasi ini digelar maupun natal dan tahun Baru 2024.

” Kita ada beberapa pos yang sudah kita siapkan yaitu pos YAN dan pos PAM, untuk pos pelayanan nanti akan ditempatkan di seputar alun-alun dan enam pos yang disebar diberbagai titik disinyalir disitu akan terjadi kepadatan arus lalu lintas pada saat pelaksanaan natal dan tahun Baru.

Mengingat juga hari libur nasional maka akan banyak wisatawan yang berkunjung ke kota Batu. Tentunya ini akan menjadi peningkatan volume kendaraan yang mengarah di wilayah kota Batu.

Untuk jalur yang diklemuk, itu merupakan jalur yang curam baik turunan maupun tanjakannya.

Bagi masyarakat disekitar wilayah tersebut akan melewati jalur tersebut agar dipersiapkan kendaraannya baik segi pengereman dan konsentrasi.

Untuk itu diharapkan masyarakat agar lebih berhati-hati dan diharapakan masyarakat untuk lewat di jalur arteri “, harapnya.

 

( Wic )

Editor Irfan hadi

Bagikan: