Gresik, Siaptv.com, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik dengan berbagai macam program yang direncanakan terus berupaya mewujudkan Kabupaten Gresik yang sejahtera. Berbagai macam program terus digalakkan Pemkab Gresik untuk menurunkan dan menekan angka kemiskinan yang semakin ekstrim di Kabupaten Gresik.

Salah satu program yang dicanangkan Pemkab Gresik pada tahun 2023 untuk mewujudkan Kabupaten Gresik yang sejahtera adalah mengadakan pelatihan penguatan kapasitas daerah dalam penghapusan kemiskinan ekstrim pada selasa (05/12/23) di aula Graita Eka Praja, Jl. DR. Wahidin Sudiro Husodo, Kec. Kebomas, Gresik.

Pada pelaksanaan program pelatihan tersebut, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini merupakan ikhtiar bersama Pemkab Gresik untuk menuju kesejahteraan. Dengan saling berkoordinasi dan bekerjasama antar instansi, kemiskinan di wilayah Kabupaten Gresik akan cepat tertanggulangi.

“Kemiskinan ini yang harus kita tanggulangi bersama-sama. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Sosial saja tidak cukup, harus disupport oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Gresik. Karena permasalahannya macam-macam”, ujar Aminatun Habibah.

Bu Min, sapaan akrab Wakil Bupati Gresik menambahkan kemiskinan dan terhambatnya pertumbuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Gresik dipengaruhi oleh beberapa hal. Antara lain stunting, kesehatan, dan lingkungan yang kurang bersih, meskipun terdapat halangan Gresik berhasil menurunkan angka kemiskinan sebesar 37.120 jiwa.

“Pemkab Gresik telah menurunkan angka kemiskinan hingga 10,96% dan angka kemiskinan ekstrim hingga 2,74% atau dengan jumlah total 37.120 jiwa, angka tersebut merupakan capaian terbaik sejak 10 tahun terakhir. Kita harus tetap optimis dan selalu kita gelorakan, Insyaallah kita bisa turunkan angka tersebut hingga 0%”, ujar Wakil Bupati Gresik.

Nurhadi

Editor Irfan hadi

Bagikan: