MALANG ( Siaptv.com ) – Kepolisian Resor Malang, terus mengambil langkah responsif dalam menghadapi dinamika keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Seperti yang dilakukan Polsek Singosari dengan menggelar Forum Ngolah Pikir (Ngopi) di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, pada Kamis (7/12/2023).

Kegiatan yang dipimpin oleh Panit Binmas Polsek Singosari, Iptu Agus Armedi, tersebut diikuti dengan antusias oleh warga Desa Candirenggo. Forum ini menjadi ajang bagi masyarakat untuk berdialog langsung dengan kepolisian, memberikan masukan, dan menyampaikan aspirasi terkait keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka.

Iptu Agus Armedi menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan manifestasi nyata dari komitmen pimpinan Polres Malang dalam merespons permasalahan yang tengah berkembang di masyarakat.

“Dengan menggelar Forum Ngopi, kami ingin lebih mendekatkan diri dengan masyarakat, mendengarkan langsung keluh kesah mereka, dan bersama-sama mencari solusi untuk meningkatkan keamanan di wilayah hukum Polsek Singosari,” ujar Iptu Agus Armedi saat dikonfirmasi, Kamis (7/12).

Selain sebagai sarana untuk menyerap aspirasi masyarakat, petugas kepolisian juga menggunakan kesempatan ini untuk memberikan pesan Kamtibmas kepada warga. Dalam menghadapi Pemilu 2024, Iptu Agus Armedi mengingatkan warga untuk lebih waspada terhadap berita hoax yang dapat memicu konflik dan ketegangan di masyarakat.

“Kami mengajak masyarakat agar bijak dalam menyikapi informasi, terutama menjelang Pemilu. Berita hoax dapat menjadi ancaman serius terhadap keamanan dan ketertiban, oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk memverifikasi informasi sebelum menyebarkannya,” tambahnya.

Forum Ngopi di Desa Candirenggo ini diharapkan dapat menjadi model kegiatan partisipatif yang dapat diadopsi oleh wilayah-wilayah lain di Kabupaten Malang. Melalui dialog langsung antara kepolisian dan masyarakat, diharapkan dapat terjalin kerjasama yang lebih erat dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.

( *Pras )

Editor Irfan hadi

Bagikan: