MALANG ( Siaptv.com ) – Polres Malang terus mengambil langkah konkret dalam memperkuat kesiapan penanggulangan bencana hidrometeorologi di wilayah Kabupaten Malang. Pada Rabu (6/12/2023), Polsek Jabung bekerja sama dengan Koramil 0818/23 Jabung dan Muspika Kecamatan Jabung melakukan kegiatan pembersihan saluran air sebagai bagian dari strategi antisipasi banjir dan upaya meningkatkan tingkat kewaspadaan terhadap potensi bencana di Kecamatan Jabung.

Kegiatan pembersihan saluran air dilakukan secara intensif di aliran sungai Desa Sukolilo, Kecamatan Jabung. Tim gabungan yang terdiri dari personel Polri, TNI, dan Muspika setempat melakukan upaya membersihkan vegetasi, sampah, dan material lainnya yang dapat menjadi penyebab tersumbatnya saluran air. Langkah ini diambil sebagai langkah preventif untuk mengurangi risiko banjir yang dapat terjadi akibat hujan deras.

Kapolsek Jabung, Iptu Suyanto, menyampaikan bahwa kegiatan pembersihan saluran air ini merupakan bagian dari strategi preventif Polres Malang dalam menghadapi potensi bencana hidrometeorologi, khususnya banjir. Pihaknya juga menegaskan pentingnya kolaborasi antara aparat keamanan, TNI, dan pemerintah setempat dalam menjaga ketahanan wilayah terhadap bencana.

“Kami terus meningkatkan kesiapan dan langkah-langkah antisipasi guna melindungi masyarakat dari dampak bencana alam. Kolaborasi ini juga merupakan wujud kepedulian terhadap keselamatan masyarakat,” kata Ipru Suyanto saat dikonfirmasi, Kamis (7/12).

Sementara itu, Kasihumas Polres Malang, Ipda Muhammad Adnan, menyebut selain sebagai langkah kesiapsiagaan, kegiatan ini juga diharapkan dapat memperkuat sinergitas antarinstansi dan membangun rasa kebersamaan di seluruh wilayah Kabupaten Malang. Bakti sosial ini tidak hanya melibatkan aparat keamanan dan pemerintah setempat, tetapi juga melibatkan partisipasi aktif masyarakat.

“Dengan demikian, diharapkan masyarakat dapat lebih peduli terhadap kondisi lingkungan sekitar dan turut serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah mereka,” ungkap Ipda Adnan.

Melalui kegiatan ini, lanjutnya, Polres Malang berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi warga Kecamatan Jabung serta menjadi contoh bagi wilayah lainnya untuk melakukan upaya preventif serupa.

“Upaya ini sejalan dengan komitmen pemerintah daerah dalam membangun ketahanan bencana di tengah tantangan hidrometeorologi yang semakin kompleks,” pungkasnya.

(* Pras )

Editor Irfan hadi

Bagikan: