Sidoarjo, Siaptv.com,-  Pembangunan sarana dan prasarana pendidikan merupakan kebutuhan mutlak yang diperlukan untuk menunjang kemajuan dunia pendidikan. Dengan tersedianya sarana dan prasarana yang layak, kegiatan belajar dan mengajar tenaga pendidik dan siswa di sekolah akan berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Untuk itu Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana berupa enam gedung ruang kelas dan satu gedung ruang perpustakaan. Pembangunan gedung fasilitas sekolah tersebut dilakukan di SMP Negeri 2 Tulangan dan ditargetkan akan selesai pengerjaannya pada akhir tahun 2023.

Mengenai pembangunan gedung fasilitas sekolah, Bupati Sidoarjo yang akrab dipanggil Gus Muhdlor menyampaikan kunci jangka panjang untuk memotong rantai kemiskinan adalah dengan cara memeratakan pendidikan. Oleh karena itu yang menjadi prioritas utama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo adalah menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai.

“Kunci keluar dari kemiskinan salah satunya adalah dengan meraih pendidikan, kami akan terus mendorong pemerataan infrastruktur pendidikan dengan menambah jumlah sekolah negeri. Selain itu kebiasaan membaca buku harus terus didorong dan sekolahan menjadi trigger budaya baca bagi generasi saat ini, oleh sebab itu perpustakaan harus ada di setiap sekolah”, jelas Gus Muhdlor.

Pembangunan gedung di SMP Negeri 2 Tulangan dilakukan karena sebelumnya sekolah yang berlokasi di Ds. Grinting, Kec. Tulangan, Sidoarjo tersebut hanya memiliki sembilan gedung. Kesembilan gedung tersebut digunakan untuk lima ruang kelas dan empat gedung lainnya digunakan untuk ruang kepala sekolah, ruang guru dan ruang Tata Usaha (TU).

Dua SMP Negeri ditargetkan Pemkab Sidoarjo dibangun disetiap kecamatan, untuk saat ini SMP Negeri 2 Tulangan baru saja dibangun dan untuk SMP Negeri 2 Prambon masih dalam proses pembangunan. Koordinasi juga dilakukan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur untuk memenuhi kekurangan sekolah di tingkat SMA/SMK.

“Pembangunan SMPN 2 Prambon terus kami upayakan segera terealisasi. Untuk penambahan sekolah SMA/SMK negeri Pemkab Sidoarjo akan berkoordinasi dengan Pemprov Jatim selaku penanggungjawab pengelola SMA/SMK negeri”, ungkap Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali pada jum’at (08/12/23).

Terkait pembangunan gedung di SMP Negeri 2 Tulangan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo Tirto Adi mengatakan pembangunan ruang kelas berada disisi timur. Pada tahun 2024 mendatang juga akan dibangun sarana dan prasarana pendukung sekolah lainnya berupa pembangunan fasilitas tempat ibadah.

“Pembangunan gedung di SMP Negeri 2 Tulangan ditargetkan akan rampung pada akhir tahun ini di desember 2023, rencana kedepannya akan dibangun masjid sebagai sarana tempat ibadah”, ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo Tirto Adi.

Nurhadi

Bagikan: