Sidoarjo, Siaptv.com, – Kepedulian terhadap kebersihan sungai dan lingkungan merupakan kewajiban seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Dengan terjaganya kebersihan sungai dan lingkungan, pada umumnya masyarakat yang bermukim disekitarnya akan diuntungkan dengan memanfaatkannya menjadi wisata alternatif.

Seperti masyarakat di Kabupaten Sidoarjo, di promotori oleh istri Bupati Sidoarjo yang juga merupakan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Sidoarjo Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor bersama-sama mengajak masyarakat untuk saling peduli serta bekerjasama menjaga kebersihan sungai dan lingkungan sekitarnya.

Pada saat mengunjungi dan melakukan penilaian terhadap salah satu dari sepuluh nominasi revitalisasi fungsi kali dengan tema program Sido Resik, Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor yang juga didampingi dewan juri lainnya mengatakan keindahan alam kita khususnya sungai meskipun tidak seindah kota atau kabupaten tetangga tetapi harus kita jaga kebersihan lingkungannya.

“Meskipun Kabupaten Sidoarjo bukan Kabupaten yang memiliki keindahan alam seperti di daerah tetangga, setidaknya mari kita bersama-sama menjaga dan merawat apa yang telah kita miliki bersama yaitu sungai”, tegas Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor pada jum’at (08/12/2023) di Ds. Penambangan, Kec. Balongbendo, Sidoarjo.

Disisi lain dengan terjaganya kebersihan sungai dan lingkungan, akan nampak terlihat kemewahan yang berharga. Ditambah lagi dengan mempercantik sungai dengan menambahkan hiasan-hiasan serta menyediakan tambahan fasilitas umum maka dengan sendirinya akan menjadi magnet yang akan menarik dan menguntungkan masyarakat sekitar sungai ataupun masyarakat Sidoarjo secara umum.

“Belajar dari luar negeri, melalui Sido Resik ini saya ingin masyarakat Sidoarjo menjadikan sungai suatu kemewahan yang dianugerahkan Tuhan untuk kita jaga bersama. Sungai yang dulu terabaikan, bisa menjadi magnet ekonomi bagi desa sendiri yaitu dengan wisata kuliner, UMKM warga sekitar, adanya Ruang Terbuka Hijau (RTH) untuk anak serta liburan murah dan dekat rumah”, jelas Hj. Sa’adah.

Dalam kesempatan yang sama Helmy Firmansyah yang juga merupakan Kepala Desa Penambangan, Kec. Balongbendo, Sidoarjo mengatakan Sungai Pelayaran yang di ikutkan dalam program revitalisasi fungsi sungai melalui Sido Resik merupakan aliran sungai yang digunakan sebagai bahan baku Perumda Delta Tirta Sidoarjo dan memiliki lebar sepuluh meter dengan kedalaman delapan puluh sentimeter.

“Melalui Sido Resik Desa Penambangan telah memiliki desa wisata yang menjadi jujukan warga sekitar. Berkat Sido Resik putaran kedua ini, saya merasa bangga selama ini impian menciptakan dan memiliki desa wisata terwujud yaitu dengan cara kerjasama, gotong-royong dan kolaborasi antara masyarakat Desa Penambangan”, ujar Helmy Firmansyah.

Nurhadi

Editor Irfan hadi

Bagikan: