Sidoarjo, Siaptv.com, – Rapat Koordinasi (Rakor) Penerimaan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) Pemilu 2024 dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo. Pada pelaksanaan Rakor tersebut dibuka dengan sambutan Anggota KPU Kabupaten Sidoarjo divisi perencanaan, data dan informasi Musonif Afandi.

Rakor yang dilaksanakan pada sabtu (09/12/23) selain dihadiri oleh anggota dan sekretaris KPU Kabupaten Sidoarjo, juga dihadiri oleh Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sidoarjo Moeh. Arief, perwakilan dari Ikatan Akuntan Indonesia wilayah Jawa Timur Watono dan petugas penghubung atau Liason Officer (LO) dari 18 partai politik di Kabupaten Sidoarjo.

Pada pelaksanaan Rakor LADK yang bertempat di Hotel Aston Sidoarjo, Musonif Afandi dari divisi perencanaan, data dan informasi KPU Kabupaten Sidoarjo dalam sambutannya menyampaikan, penyelenggara dan peserta Pemilu dapat dengan mudah membuat laporan dengan menggunakan salah satu sistem yang sudah disediakan oleh KPU.

“Dengan adanya Sistem Informasi Kampanye dan Dana Kampanye (SIKADEKA) bisa mempermudah peserta Pemilu dalam membuat laporan. Adanya sistem yang mewadahi proses pelaporan dana kampanye adalah bentuk transparansi dan akuntabilitas kita sebagai penyelenggaran dan para peserta Pemilu 2024 kepada masyarakat”, jelas Musonif Afandi.

Ditambahkan juga dalam pelaksanaan Rakor LADK, Watono selaku perwakilan dari Ikatan Akuntan Indonesia wilayah Jawa Timur menyampaikan terkait penyusunan laporan LADK diperlukan beberapa hal persyaratan yang dibutuhkan dan harus disiapkan ketika proses penyusunan laporan dana kampanye akan dilakukan.

“Saat ini fokus kita bersama adalah pada penyusunan LADK dan laporan pemberi sumbangan dana kampanye yang harus diselesaikan sebelum 7 januari 2024 mendatang”, ujar Watono

Dipenghujung rangkaian kegiatan Rakor LADK di isi dengan mempraktekan dan mencoba secara langsung pengaplikasian SIKADEKA. Selain itu juga diadakan sesi tanya jawab kepada narasumber terkait pengaplikasian sistem kepada pemateri yang dipandu oleh Aziza dan Rahmanto yang merupakan Anggota KPU divisi teknis penyelenggaraan Pemilu dan admin SIKADEKA KPU Kabupaten Sidoarjo

Nurhadi

Editor Irfan hadi

Bagikan: