Sidoarjo, Siaptv.com, – Revitalisasi Fasilitas Umum (Fasum) besar-besaran terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo ke sejumlah kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Revitalisasi tidak hanya ditengah Kota Sidoarjo, tetapi tersebar di dua belas titik di sejumlah wilayah kecamatan yang berada di Kabupaten Sidoarjo.

Revitalisasi yang dilakukan bukan hanya perbaikan atau renovasi RTH yang sudah ada, melainkan juga berupa pembangunan dan pembuatan RTH baru. Pembuatan RTH baru yang dikerjakan antaralain Taman Dermaga, Taman Alun-alun Jabon dan taman bahu jalan di sepanjang Jalan Lingkar Barat yang dalam pengerjaannya dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo.

Mengenai proyek revitalisasi RTH yang sedang berlangsung, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali pada minggu (10/12/23) menjelaskan beberapa proyek terkait revitalisasi RTH. Dengan jumlah lima taman pengerjaannya ditargetkan akan selesai pada akhir desember 2023 dan tujuh taman lainnya progres pengerjaannya sudah selesai 100 persen.

“Taman yang kita remajakan atau kita revitalisasi diantaranya taman pulau di Jalan Thamrin, taman pulau dipertigaan Pasar Larangan dan Taman ASEAN. Kemudian taman bahu jalan di sepanjang Jalan Lingkar Barat mulai Taman Abhirama sampai GOR, dan revitalisasi Alun-alun Sidoarjo yang target pengerjaannya rampung akhir desember ini,” ujar Ahmad Muhdlor Ali.

Sedangkan tujuh taman yang pengerjaannya sudah selesai dan bisa dinikmati masyarakat Kabupaten Sidoarjo antaralain Taman Dermaga (taman baru sisi selatan Sungai Pagerwojo), Alun-alun Jabon, Taman Lansia di Perum AURI, Taman Perahu di sisi Selatan Kali Pucang, Taman monumen H.R Mangoendiprojo di sebelah utara flyover Buduran, Taman median jalan Tugu Selamat Datang di seberang kali Porong dan Taman Perempatan Babalayar.

Bupati Sidoarjo yang juga akrab dipanggil Gus Muhdlor menambahkan revitalisasi dan penambahan RTH tidak kalah pentingnya dengan perbaikan dan pembangunan sarana dan prasarana jalan raya. Karena selain sebagai sarana wisata alternatif keluarga, keberadaan RTH juga berfungsi sebagai penghasil oksigen khususnya di tengah Kota Sidoarjo.

“Dengan adanya RTH di sudut-sudut tempat di Sidoarjo, harapannya menjadi alternatif warga Sidoarjo untuk bersantai atau sekedar berlibur bersama keluarga. Selain itu juga bisa melepas penat dengan biaya yang pasti murah meriah dan dengan penghijauan akan berfungsi sebagai oksigen kota”, jelas Gus Muhdlor.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo Heri Santoso terkait revitalisasi RTH mengatakan program pengerjaan yang dilakukannya memiliki konsep taman hidup, yang mana pada taman tersebut memiliki beberapa sarana fasilitas umum berupa taman bermain dan rekreasi serta sarana peralatan olahraga.

“Taman yang kami bangun cocok untuk semua kalangan dan usia, mulai dari anak-anak dan Lansia. Seperti taman ASEAN yang dalam pembangunannya sudah memasuki progres 80 persen akan terdapat fasilitas bermain anak dan juga ramah terhadap Lansia”, ungkap Heri Santoso.

Nurhadi

Editor Irfan hadi

Bagikan: