Kediri ( Siaptv.com ) – Sebagai bentuk menghidupkan kembali Wisata Goa Selomangleng dan memanfaatkan Lereng Gunung Klotok Pojok Kecamatan Mojoroto Kota menjadi destinasi wisata yang baru, dibentuklah Perkumpulan Masyarakat Desa Hutan (PMDH) Pojok Berkembang dibawah komando Supriyo yang juga Dewan Pengawas Perkumpulan Sahabat Boro Jarakan (Saroja).

Dalam peresmian itu, Kawan Kawan PMDH Pojok Berkembang menggelar wayang kulit semalam suntuk berlangsung di area Wisata Goa Selomangleng Pojok Mojoroto Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (9/12/2023) pukul 20.00 WIB.

Supriyo selaku Ketua PMDH Pojok Berkembang menyampaikan, bahwa kegiatan malam hari ini sebuah acara untuk peresmian salah satu lembaga baru yang saya bentuk yang bernama Perkumpulan Masyarakat Desa Hutan (PMDH) Pojok Berkembang.

“Nantinya akan bersinergi dengan pihak Perhutani dan Pemerintah Kota Kediri untuk membangkitkan perekonomian dan juga kehidupan masyarakat di lereng Gunung Klotok yang puluhan tahun sampai saat ini terpinggirkan,” ucapnya.

Lanjut Supriyo agar lereng Gunung Klotok ini menjadi perhatian dan mudah-mudahan menjadi satu-satunya destinasi wisata yang baru di Kota Kediri.

Mungkin ini juga berkah juga buat Kota Kediri karena Gunung Klotok ini satu-satunya gunung di tengah kota, tapi tidak digarap dengan baik. Meskipun, ada Wisata Goa Selomangleng yang selama ini pelan-pelan tapi mati suri akhirnya.

“Kita mencoba hidupkan kembali dengan menggandeng Perhutani dan beberapa investor nanti untuk membangun destinasi wisata baru di Gunung Klotok ini, ” urainya.

Masih ungkap Supriyo dengan kegiatan parade budaya guna menguri-uri budaya jawa dengan menampilkan pertunjukan wayang kulit asli Kediri dengan dalang Ki Bronto Laras mengambil lakon Banjaran Watu Gunung, yang mengisahkan kesalahan sosok dewa menurunkan anak turun di bumi untuk membasmi kejahatan yang ada di muka bumi.

Akibat kelalaian Dewa Wisnu sehingga Dewi Sri menjadi dua hingga lahirlah anak yang bernama Watu Gunung. Ini sebuah kebangkitan dan kekuatan yang bisa merubah dunia.

Kami berharap dengan dibentuknya PMDH Pojok Berkembang Kediri ini semakin kompak anggotanya dan warga pojok.

“Ke depan tahun 2024 kita akan bergerak full untuk menggandeng investor dan juga meminta Pemerintah Kota Kediri untuk adil dalam mengelola dan bisa berbagi APBD untuk membangun Lereng Gunung Klotok ini yang tentunya bisa berdampak luas bagi warga Pojok khususnya, dan berdampak bagi masyarakat Kota Kediri pada umumnya,” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Ketua DPRD Kota Kediri Katino, A.Md, Kepala Disbudparpora Kota Kediri Zachrie Ahmad, Bidang Intel Fungsional Kejari Kota Kediri Purwanto, Perwakilan Kesbangpol Kota Kediri.

Hadir juga Danki Brimob 1C Pelopor Kediri. Anacleto Soares,S.H., Danramil 0809/Mojoroto, Perwakilan Brigif 16/WY, Tomi Ari Wibowo Dewan penasehat PMDH Pojok Berkembang Kediri, Suprapto, Djaka Lelana dan tokoh masyarakat Kel Pojok Kota Kediri.

( Efn )

Editor Irfan hadi

Bagikan: