Kota Batu ( Siaptv.com ) – Dalam rangka persiapan memasuki hari tenang sebagai tahapan Pemilu 2024 sekaligus persiapan pembersihan alat peraga kampanye. KPU melaksanakan kegiatan rapat koordinasi yang dilaksanakan di Purnama Hotel jl. Raya Punten no. 1 – 15 Punten Kecamatan Bumiaji Kota Batu pada Sabtu ( 10/2/2024 ).

Rapat koordinasi tersebut dihadiri Polres Kota Batu, Kodim 0818, Kejaksaan Negeri Kota Batu, Bawaslu Kota Batu, Diskominfo Kota Batu, Dinas Perhubungan Kota Batu, Satpol PP, Kepala Badan Kesbangpol, Camat Bumiaji serta perwakilan partai politik peserta pemilu.

Marlina anggota KPU kepada peserta rapat menyampaikan, ” sampai hari ini kita yang hadir masih berkomitmen untuk menyelesaikan dan menuntaskan visi misi kita selama dua puluh bulan berjalan mulai dari 14 Juni 2022 yang lalu kita sudah laksanakan seluruh rangkaian tahapan untuk pemilu 2024 “.

Memasuki masa tenang  Marlina menegaskan masa tenang akan jatuh pada pukul 00.00 WIB, beliau mengajak semua pihak untuk saling berkoordinasi sesuai peraturan KPU dan surat keputusan KPU nomor 1621 terkait untuk berkoordinasi dengan seluruh stakeholder dan peserta pemilu dalam persiapan memasuki masa tenang.

” Pada dasarnya kita di dalam regulasi – regulasi ini memastikan kegiatan kampanye kita pahami bersama dengan pemahaman yang sama terkait kegiatan peserta pemilu atau pihak lain yang ditunjuk peserta pemilu untuk meyakinkan pemilih dengan menawarkan visi misi program kerja dan juga rekam jejak peserta pemilu itu sendiri, dalam perjalanannya KPU membuat pedoman teknis memperkuat bagaimana metode – metode kampanye ini dengan surat keputusan 1621 tahun 2023 ini ” tambahnya.
Dengan habisnya masa kampanye 10 februari 2023 , Ketua KPU Kota Batu Heru Purnomo dalam wawancaranya kepada awak media menyampaikan, ” siang kita kita koordinasi berkaitan dengan habisnya masa kampanye nanti pada pukul 23.59 WIB, dengan itu kita menandai kita akan mencabut seluruh APK yang ada di Kota Batu, KPU sendiri akan mencabut APK yang kita fasilitasi di tiga titik di tiga kecamatan ini kita cabut duluan dengan harapan bersama partai politik bawaslu dan masyarakat, jadi himbauan kami bukan Satpol PP saja tapi seluruh partai politik ikut ambil bagan “.

Dalam upaya pencabutan APK pihaknya melakukan antisipasi penempelan stiker di TPS, ” antisipasi kami seluruh anggota KPPS kami intruksikan sebelum mendirikan tempat pemungutan suara kita menyisir pada radius – radius tertentu untuk tidak ada lagi APK di radius – radius PPS TPS ” tambahnya.

Kepada para kontestan pemilu Heru menegaskan agar peserta pemilu baik dari partai politik, caleg perseorangan baik calon pasangan BBWP  maupun DPD dalam Minggu tenang ini  untuk memfungsikan, memanfaatkan dan menjaga ketenangan kondusifitas masyarakat Kota Batu agar pelaksanaan pemilu yang akan datang  berjalanan dengan baik.

( Wic)

 

Bagikan: