Sidoarjo, Siaptv.com,- Sinergitas TNI-Polri bersama perangkat desa dan masyarakat dalam rangka menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sangat penting untuk menjamin kelancaran dan keamanan pada saat pemungutan suara. Untuk itu, Polsek Sukodono bersama Koramil setempat aktif turun ke masyarakat untuk menjalin komunikasi sosial.

Kanit Samapta Polsek Sukodono, Aipda Wiwit Yulianto bersama anggota rutin melakukan sambang di wilayah hukum Polsek Sukodono dan berkomunikasi langsung dengan masyarakat. Dengan kegiatan ini, diharapkan terjalin hubungan empati dan kepercayaan antara aparat keamanan dengan masyarakat.

“Kenyamanan masyarakat menjadi perhatian utama. “Kami akan terus berupaya menjaga kenyamanan dan keamanan masyarakat dalam lingkungan wilayah Sukodono, baik secara kualitas maupun kuantitas,” ujarnya.

Selain itu, sinergitas TNI-Polri dalam hal ini juga akan melibatkan perangkat desa dan masyarakat setempat. Dengan memperkuat sinergitas di antara pihak-pihak terkait, diharapkan dapat meningkatkan kesiapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Pemilu 2024.

Sinergitas TNI-Polri, Perangkat Desa dan Masyarakat Kecamatan Sukodono siap melaksanakan dan mensukseskan kegiatan pemilihan umum 2024
Sinergitas TNI-Polri, Perangkat Desa dan Masyarakat Kecamatan Sukodono siap melaksanakan dan mensukseskan kegiatan pemilihan umum 2024

Sebagai bentuk sinergitas, polisi selain bertindak untuk menjaga keamanan, juga menjadi pelayan masyarakat. Polisi akan melakukan pengamanan di TPS sekaligus membantu masyarakat dalam memberikan informasi terkait proses dan tata cara pemilihan saat hari pemungutan suara. Peran tersebut diharapkan dapat menjadikan pemilu berjalan dengan lancar dan damai.

Menurut Aipda Wiwit Yulianto, Komitmen bersama dari TNI-Polri, perangkat desa dan masyarakat sangatlah penting untuk menjaga situasi yang kondusif selama pemilu berlangsung.

“Oleh karena itu, kegiatan komunikasi sosial dan pendekatan kultural seperti ini akan terus dilakukan guna menjaga kondusifitas Kamtibmas selama masa kampanye dan pemilihan nanti,” ungkapnya.

Bagi masyarakat, penting juga untuk turut serta dalam menjaga keamanan dan melaporkan kepada pihak yang berwajib jika ada hal-hal mencurigakan atau memicu ketegangan di wilayah setempat.

Sementara Serka Muhedi Babinsa dari koramil Sukodono mengatakan adanya sinergitas TNI-Polri bersama perangkat desa dan masyarakat dalam hal kesiapan TPS dalam Pemilu 2024, dapat menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, serta kondusif dalam pelaksanaan pemungutan suara.

“Semua pihak yang terlibat pun diharapkan dapat lebih bersinergi dalam membangun kesadaran masyarakat untuk selalu mengedepankan situasi yang aman dan damai demi kepentingan yang lebih besar bagi bangsa dan negara,” pungkasnya.

Babe Teguh

Bagikan: