Kediri ( Siaptv.com ) – Jelang pilpres 2024 yang akan di laksanakan kurang beberapa hari lagi, Kantor Kementerian Agama kota Kediri, menggandeng KPU kota Kediri, adakan kegiatan Sosialisasi Bagi 1.700 santri Lirboyo, di Masjid Al Hasan PP Lirboyo kota Kediri, Senin,(12/02)

Dalam kegiatan yang diikuti sebanyak 1.700 santri ini , diharapkan para santri yang berada di lingkungan PP Lirboyo kota Kediri yang baru memiliki hak pilih dalam pilpres tahun ini, mampu memahami dan menafaatkan hak pilih dalam menentukan presiden dalam pemilu mendatang.

 

Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Jawa Timur, Dr. Mohammad As’adul Anam, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan, tujuan dari sosialisasi pemilu di kalangan santri pondok pesantren adalah sebagai sarana pendidikan politik, Sarana menyalurkan aspirasi dan Wujud tanggung jawab dalam sikap berbangsa dan bernegara bagi kalangan santri yang juga bagian dari warga negara Indonesia.

“Kita patut bangga, dari 3 pesantren besar diindonesia yang dipilih untuk sosilaisasi pemilu, untuk jawa timur pondok Lirboyo yang menjadi pilihan. Setelah itu ada Bunten dan Az Ziyadah” tutur Anam.

Dalam kesempatan yang sama, Anam juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Pondok Lirboyo yang juga ikut mensuksekan kegiatan tersebut.
“Tidak lupa, kami juga mengucapakan terima kasih atas kerjasama para pengurus dan dewan masayikh PP lirboyo, khususnya Mundir santri kelas kelas 3 (tiga) Aliyah MHM Lirboyo. Kepada KPU kota Kediri, semoga ini menjadi amal jariyah perjuangan sebagai bentuk cinta tanah air dan bangsa” imbuh Anam

Wahyudi, anggota KPU Kota Kediri Divisi Sosdiklih Parmas juga menyampaikan dalam sambutanya, untuk peleksanaan pilpres yang akan datang, untuk TPS yang akan di gunakan untuk pencoblosan para santri Lirboyo, KPU bekerja sama dengan pengurus PP Lirboyo menyediaakan sebanyak 46 TPS di dalam lingkungan pondok.

Sedangkan untuk pembagian surat suara, Wahyudi menjelaskan untuk santri Ponpes Lirboyo yang berasal dari luar Jatim, akan diberi surat suara untuk memilih presiden dan wakil presiden. Berikutnya, santri yang berasal dari Jatim selain dari wilayah Kabko Kediri, Kabko Blitar dan tulungagung diberi 2 surat suara (presiden wapres dan dpd). Sedangkan santri yang masih dalma wilayah kota Kediri, akan menerima 5 surat suara secara penuh.
Diakhir Sambutanya Wahyudi mengajak seluruh santri yang hadir dalam sossialisasi tersebut, untuk menggunakan hak pilih dalam pemilu mendatang dengan sebaik-baiknya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala kantor Kementerian Agama kota Kediri Moh Qoyyim, S.Ag, M.Fil.I, Kepala seksi PD Pontren Kemenag kota Kediri Ahmad Rofiudin Faruq, Mundir Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo H. Arif Ridwan Akbar.

( Efn / Arm)

Bagikan: