Tunggu Renovasi Sekolah Akibat Kebakaran, SDN Jenggot Ubah Jam Pembelajaran

  • Bagikan
banner 728x90

Sidoarjo, Siaptv.com, – Paska terjadinya insiden kebakaran pada kamis (16/11/23) lalu, kegiatan belajar mengajar di SDN Jenggot, Kec. Krembung, Sidoarjo masih belum berjalan efektif. Kegiatan pembelajaran masih terganggu dikarenakan terdapat tiga ruang kelas yang rusak dan tidak dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

Tiga ruang kelas pada SDN Jenggot yang terdampak kebakaran pada kamis subuh mengalami kerusakan parah diantaranya ruang kelas IV, V dan VI. Selain mengakibatkan kerusakan ruang kelas, kebakaran juga menghanguskan kantor kepala sekolah, ruang tata usaha, toilet wanita dan bangunan gudang sekolah.

Netty Lastiningsih selaku Kepala Bidang Mutu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo mengatakan, dinas terkait sudah melakukan peninjauan ke SDN Jenggot. Proses pembelajaran masih tetap berjalan pada jum’at dan sabtu (17 dan 18/11/23) tetapi dengan menerapkan beberapa peraturan khusus.

“Seluruh siswa baik yang kelasnya terkena kebakaran ataupun tidak, tidak diperkenankan memasuki kelas. Kegiatan pembelajaran dilakukan di lapangan dengan di isi berbagai macam kegiatan pawai dan perlombaan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan”, jelas Netty Lastiningsih.

Gerbang masuk lingkungan sekolah terlihat ditutup dengan cara di blokade menggunakan bangku untuk mencegah pihak yang tidak berkepentingan masuk ke dalam sekolah. Selain itu pembersihan juga terus dilakukan oleh petugas terkait, pembersihan dilakukan untuk memastikan area sekitar dalam kondisi aman dan bisa dipergunakan sebagai tempat pembelajaran esok hari.

Kepala Bidang Pengendalian, Pengawasan, Sarana dan Prasaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo Heri Purwanto mengatakan proses identifikasi kerusakan sekolah telah dilakukan. Proses renovasi tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat, mengingat sekolah mengalami kerusakan yang cukup parah sehingga harus diperbaiki total.

“Belum bisa tahun ini karena sangat mepet dan sudah akhir tahun, anggaranya juga sudah ter plot. Perbaikan akan tetap dilakukan pada tahun depan, nanti akan menunggu pergeseran anggaran dengan anggaran sekitar Rp. 1 miliar”, ungkap Heri Purwanto.

Setelah terjadinya kebakaran, kegiatan pembelajaran yang sempat berlangsung diluar kelas akan kembali dilakukan didalam ruang kelas pada senin (20/11/23) besok dengan mengubah jam masuk para pelajar. Untuk pelajar kelas I, II dan III dimulai pukul 07.00-10.00 WIB dan pelajar kelas IV, V dan VI dimulai pukul 10.30-14.30 WIB.

Nurhadi

Editor Irfan Hadi

  • Bagikan