Kampung Ganjar Mahfud Dikukuhkan Bersamaan Gebyok Kesenian Bantengan

  • Bagikan
banner 728x90

MALANG,, (SIAPTV COM) – Pengukuhan Kampung Ganjar Mahfud dan Gebyok Kesenian Bantengan di Boro Rob Jabung, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang berjalan dengan sukses, aman dan lancar serta mendapatkan antusias apresiasi dari warga yang hadir dalam acara tersebut.

Dalam rangkaian acara tersebut dihadiri oleh Ketua Panitia HM Sholeh Kawimintorogo, Sekretaris DPC PDI -Perjuangan Kabupaten Malang Darmadi, Calon Legislatif DPRD Provinsi Jawa Timur Saifuddin Zuhri, Bendahara Aliansi Relawan Ganjar (ARG) Malang Andris Abdurahman, dan tokoh masyarakat.

Ketua Panitia HM Sholeh Kawimintorogo pada kesempatan acara tersebut mengatakan bahwa malam ini Gebyok Kesenian Bantengan bersamaan Pengukuhan Deklarasi Kampung Ganjar Mahfud yang bertempat di Boro Rob Jabung ini mendapat sambutan dan apresiasi luar biasa dari masyarakat.

“Ternyata dari masyarakat Boro Rob Jabung ini banyak mempunyai talenta khususnya generasi milenial, jadi pemuda pemudi mempunyai talenta dibidang seni yang mana selama ini belum diakomodir oleh pemerintah, dengan adanya saat ini maka Warga khususnya Boro Rob Jabung ingin unjuk kemampuan bukan sekedar wacana atau sekedar pengakuan secara lisan tetapi betul-betul ada giat yaitu Gebyok Kesenian Bantengan,” ucap Ki Sholeh pada awak media, Sabtu malam (18/11/2023).

Menurut Ki Sholeh, bersamaan karena supaya menghemat waktu, tenaga dan semuanya maka acara ini disatukan menjadi acara Pengukuhan Kampung Ganjar Mahfud bersamaan dengan Gebyok Kesenian Bantengan Boro Rob Jabung dan daerah sekitarnya yang masuk wilayah Kecamatan Jabung.

Perlu diketahui bahwa kesenian bantengan tersebut sebanyak 102 Bantengan yang tampil dalam aktraksi dan kreasi dari desa gunung jati, busu, kemantren, rekesan dan masih ada lagi dari wilayah Jabung.

Lebih lanjut, Ki Sholeh juga menyampaikan bahwa kedepannya nanti juga akan mengadakan kegiatan bakti sosial kesehatan, pasar UMKM sembako murah, serta bimbingan hukum kepada masyarakat Boro Rob Jabung.

“Kegiatan nanti juga bukan saja kesenian tetapi ada bakti sosial kesehatan, sembako murah, serta edukasi pengetahuan hukum dengan menggandeng kantor hukum KHYI,”terang Ki Sholeh.

Respon dari masyarakat sendiri sangat luar biasa pada acara tersebut, warga berbondong-bondong memadati area yang menjadi kegiatan Rumah Ganjar-Mahfud, sehingga nantinya akan mengadakan kegiatan serupa dan membuat kampung Ganjar Mahfud ditempat-tempat lainya.

“Sangat luar biasa, memang warga desa Boro Jabung ini pecinta Ganjar atau bisa dibilang Ganjar mania apalagi dengan adanya Ganjar bersanding dengan Mahfud MD karena basis NU juga berada di tempat kami disini,” imbuhnya.

Sementara itu Sekretaris DPC PDI -Perjuangan Kabupaten Malang, Darmadi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada panitia yang sukses menggelar acara tersebut yaitu parade kesenian bantengan.

“Kirab Bantengan ini merupakan kegiatan kesenian yang positif dan perlu dilestarikan dan saya mengapresiasi kegiatan-kegiatan seperti ini, karena seni Bantengan merupakan kesenian tradisional asli dari Daerah Malang Raya yang harus dilestarikan bersama, kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan kesenian tradisional Bantengan dan kesenian lainnya,” tandas Darmadi yang juga Ketua DPRD Kabupaten Malang.

(M.sol)

Editor Irfan hadi

  • Bagikan