Cek Stasiun Pasar Senen, Menhub Pastikan Kelancaran Angkutan Kereta Lebaran 2024

  • Bagikan
banner 728x90

JAKARTA, Siaptv.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Stasiun Kereta Api Pasar Senen, Jakarta, Minggu (24/3). Menhub juga melakukan koordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) untuk memastikan pelayanan angkutan kereta api pada masa Angkutan Lebaran (Angleb) 2024 berjalan lancar.

Menhub menyampaikan ada beberapa hal yang diupayakan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang selama perjalanan mudik dan balik. Pertama, keberangkatan Kereta Api (KA) lebaran dari Jakarta dilakukan dari empat stasiun, yakni Stasiun Pasar Senen, Stasiun Gambir, Stasiun Manggarai, dan Stasiun Bekasi. Kedua, PT KAI telah menambah dua rangkaian kereta Api baru tujuan Jawa Barat, yakni KA Pangandaran dengan rute Stasiun Gambir – Stasiun Banjar, Tasikmalaya dan KA Papandayan rute Stasiun Gambir – Stasiun Garut.

“Ini dilakukan untuk memudahkan penumpang dan memecah penumpang sehingga tidak menumpuk di satu stasiun,” ujar Menhub.

Pada masa Angleb 2024, PT KAI Daop I telah menyediakan 1.664 kereta api (KA), dengan rata-rata 76 perjalanan per hari. Sementara KA tambahan sebanyak 366 KA atau rata-rata 17 perjalanan per hari.

Menhub menyampaikan apresiasi kepada para petugas yang telah memberikan pelayanan maksimal kepada penumpang KA serta koordinasi berbagai pihak dalam mengupayakan kelancaran angkutan lebaran.

“Semua kita lakukan dengan baik. Tadi saya menyapa dan bertanya kepada beberapa penumpang. Mereka rata-rata memberikan apresiasi kepada KAI dan semoga apa yang kita lakukan ini bermanfaat bagi bangsa dan memberikan layanan yang baik agar mudik ceria penuh makna dapat kita laksanakan,” lanjut Menhub

Selain menyapa para penumpang, Menhub juga membagikan takjil untuk berbuka puasa kepada para penumpang KA di stasiun Pasar Senen.

Turut hadir dalam kegiatan ini Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal, Direktur Niaga PT KAI Hadis Surya Palapa, Direktur Teknik PT KAI Commuter Denny Haryanto, dan Kepala PT KAI Daop I Jakarta Iwan Eka Saputra. ( Red)

  • Bagikan