Operasi TMC di Padang, Penyebaran 3 Ton NaCl untuk Mengatasi Banjir Lahar Hujan dan Tanah Longsor

  • Bagikan
banner 728x90

Sumatra Barat, Siaptv.com – Oprasi TMC, di tengah kondisi darurat akibat banjir lahar hujan dan tanah longsor, Sumatra Barat menjadi saksi pelaksanaan operasi modifikasi cuaca oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Sabtu,18 Mei menjadi hari pelaksanaan operasi ini, yang berlangsung selama tiga kali sorti dengan total durasi 6 jam11 menit. Focus utama penyemaian ini adalah di daerah sekitar aliran sungai di lereng Gunung Marapi.

Dalam pelaksanaan operasi ini, jumlah NaCl yang disemai mencapai 3.000 kilogram atau setara dengan 3 ton. Setiap sorti dilakukan penyebaran sebanyak 1.000 kilogram. Sorti pertama dijadwalkan pada pukul 10.21 WIB dengan area fokus penyemaian di wilayah tenggara hingga timur kota Padang, meliputi Sijunjung dan Solok selatan, dari ketinggian 11.000 kaki.

Sorti kedua berlangsung pada pukul 13.02 WIB dengan target area penyemaian di wilayah Pesisir Selatan, bagian selatan Kota Padang. Kegiatan ini dilakukan dari ketinggian antara 12.500 hingga 13.000 kaki. Sementara itu, sorti ketiga akan berlangsung pada pukul 15.59 WIB dengan fokus area di wilayah timur laut hingga timur Kota Padang, juga dari ketinggian 11.000 kaki.

  • Bagikan