Presiden SMU PBB Membahas Isu Palestina dan Perubahan Iklim

  • Bagikan
banner 728x90

Bali, Siaptv.com – Pada tanggal19 Mei 2024, Bali menjadi saksi pertemuan antara Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, dan Presiden Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (SMU PBB) periode ke-78, Dennis Francis. Pertemuan ini berlangsung di sela-sela Forum Air Dunia ke-10.

Perbincangan ini meliputi tema-tema penting seperti kondisi terkini Palestina, pengukuhan multilateralisme, serta adanya perubahan iklim.

Salah satu poin penting yang disampaikan Menlu Retno Marsudi adalah sambutan positif Indonesia terhadap diterimanya resolusi yang memberikan Palestina hak istimewa mendekati kesetaraan dengan negara-negara anggota PBB lainnya.

Kemajuan ini penting dalam usaha menggalang dukungan bagi hak-hak Palestina yang setara, namun Menlu menandaskan bahwa langkah ini belum cukup. Ia menekankan perlunya upaya lebih lanjut dalam mencapai perdamaian berkelanjutan, memperlancar bantuan kemanusiaan ke Palestina, dan mengejar keanggotaan penuh Palestina di PBB.

Di bidang multilateralisme, Menlu RI menegaskan kembali kepentingan posisi PBB sebagai pilar multilateralisme dan dukungan kuat Indonesia terhadap prinsip tersebut. Penyelenggaran Summit of the Future disambut baik oleh Indonesia, dengan harapan pertemuan itu akan membawa kemajuan signifikan, khususnya dalam memajukan reformasi struktur multilateral dan mempercepat pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

  • Bagikan