BNPB Menggerakkan Teknologi Modifikasi Cuaca di Bali

  • Bagikan
banner 728x90

JAKARTA, siaptv.com BNPB, dalam usaha untuk menyukseskan penyelenggaraan _World Water Forum (WWF) ke-10 tahun 2024 di Bali, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menginisiasi operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di wilayah Provinsi Bali.

Sejak tanggal18 sampai20 Mei2024, operasi modifikasi cuaca ini telah berhasil mendistribusikan total6.000 kg Natrium Klorida (NaCl) ke atas langit Pulau Bali, dengan distribusi sebanyak2.000 kg pada hari pertama dan4.000 kg pada hari kedua. Operasi ini bertujuan untuk mengarahkan awan-awan potensial seperti Cumulus Congestus yang memiliki potensi mencapai daerah target.

Sebuah pesawat Cessna Caravan208B yang membawa nomor registrasi PK-SNM telah melakukan penyemaian zat modifikasi cuaca di area Provinsi Bali bagian Utara, Tengah, dan Timur serta Lombok Utara, sebagai upaya untuk mencegah awan-awan potensial mencapai lokasi yang diinginkan. Penyemaian material modifikasi cuaca di perairan Bali dan NTB juga direncanakan akan dilakukan pada hari ini, tanggal20 Mei.

Bekerja sama dengan BMKG, BRIN, dan instansi lainnya, BNPB berharap operasi TMC ini dapat mengurangi risiko cuaca ekstrem selama acara WWF ke-10 dan membantu dalam mitigasi potensi risiko bencana yang mungkin terjadi selama event berlangsung di Bali.

Pada tangga l19 Mei, Posko TMC yang terletak di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menerima kunjungan dari Menteri Agrikultur, Sumber Daya Hidraulik dan Perikanan Tunisia, Abdelmonaam Belaati. Beliau menyatakan apresiasi terhadap langkah pemerintah Indonesia dalam mengatasi potensi cuaca ekstrem, khususnya terkait penyelenggaraan acara berskala internasional ini.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *