Keindahan Desa wisata Wae Rebo ,Satar Mese Barat,Kabupaten Manggarai,Nusa Tenggara Barat.

  • Bagikan
banner 728x90

siaptv.com NTT – Wae Rebo adalah salah satu Desa Wisata dengan pemandangan yang indah di NTT,dan menjadi desa adat meskipun lokasinya sediki terpencil.Terletak di Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur,terletak di ketingian 1200m diatas laut.


Dan dikampung ini ada sekitar 7 rumah utama yang disebut Mbaru Nisng Wae Rebo,namun menawarkan pemandangan alam yang asri dan menarik diatas ketinggian untuk anda berwisata.

Dengan Budaya dan alam yang sangat asri dan unik dan letaknya yang cukup terpencil dan diatas ketinggian ini,mrmang menambah kesan keasriannya sehingga para wisatawan yang datang merasakan anda serasa tinggal di negeri diatas awan.

Memang saat ini adat dan kebudayaan mereka telah membaur dengan kebiasaan penduduk Pulau Flores. Meskipun arsitektur bangunannya masih memiliki seperti unsur Minang. Pengaruh Minang bisa dijumpai pada arsitektur Niang Dangka, atap Mbaru Niang ini.

Gunung – gunung dan Hamparan rumput hijau yang dikelilingi pegunungan lengkap dengan kabut juga menjadi daya pesona desa ini,seperti memberikan kesan magis dan natural, padahal suasana damai, tenang, dan sejahtera yang dirasakan.

Banyak sih sumber mata air yang berasal dari pegunungan yang bening,yang dimanfaatkan oleh masyarakat desa untuk mandi, mencuci, dan untuk minum sehari-hari. Sumber mata air ini dinamai Sosor, yang di mana terdapat dua jenis yaitu Sosor Pria dan Sosor Wanita.

Dan budaya di Wae Rebo pun masih kental. Yakni adanya upacara adat yang bernama Ritus Upacara Penti. Upacara ini merupakan bentuk syukur masyarakat kepada Tuhan dan roh leluhur terhadap semua bentuk harapan yang diterima selama satu tahun yang telah dilewati.

Desa seperti desa wisata Wae Rebo juga memiliki ragam seni yakni seperti rangku alu. Permainan serta tarian ini dilakukan dilakukan empat orang memegang empat tongkat bambu, memakai tongkat membentuk palang dan menggerak-gerakkannya yang indah.Masyarakat yang ramah dan menarik saat menyambut tamu – tamu yang datang menjadi kesan tersendiri.

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *